Seorang siswa baru bersiap menuju sekolah pada hari pertama masuk sekolah di Kamp Pengungsian Jono Oge, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (15/7/2019)./ANTARA-Mohamad Hamzah
Fashion

Sekolah Bukan Hanya Soal Mendapat Ilmu

Tika Anggreni Purba
Rabu, 25 September 2019 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebelum akses internet terbuka luas, sumber informasi, pengetahuan, dan aktivitas belajar hanya bisa didapatkan di sekolah. Dengan belajar di sekolah, semua orang mendapatkan sumber informasi dan pengetahuan yang sesuai standar sekolah dan kurikulum pendidikan dari negara.

Hal ini tentu berbeda dengan masa kini, di mana akses terhadap informasi sudah terbuka lebar, pengetahuan dapat diperoleh dengan mudah melalui internet.

Co-founder Zenius Education Sabda PS melalui kanal YouTube Nihongo Mantappu belum lama ini mengatakan bahwa mempelajari ilmu mungkin bisa didapat dari tempat lain, tetapi yang paling penting dari sekolah itu belajar berteman dan bermasyarakat.

“Belajar dan mendalami keilmuan itu bisa dilakukan di mana-mana, namun yang paling sulit didapatkan di luar sekolah itu selain belajar berteman, kita juga belajar menghargai budaya orang lain, bertoleransi, dan berkompromi dengan yang lain,” ujar Sabda dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (24/9/2019).

Menurutnya, sekolah itu penting untuk merangsang rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. Dengan mempelajari semua hal tersebut di sekolah, pelajar tidak diwajibkan untuk jago semua hal dan mengetahui semua ilmu secara detail. “Artinya, hanya dengan mengetahui big picture dari suatu bidang ilmu, maka pelajar sudah mendapatkan fungsi fundamental dari sekolah,” katanya.

Bagi Sabda, yang penting dari sekolah adalah belajar bermasyarakat. “Kalau belajar ilmunya itu bisa dari mana saja, tapi belajar bermasyarakat dan mencari jati diri dipelajari di sekolah,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, influencer pendidikan Jerome Polin juga mengungkapkan pandangannya tentang sekolah. Baginya, hal-hal yang didapat dari sekolah  adalah pertemanan dan juga nilai-nilai kehidupan.

“Sebelum terjun ke dunia nyata, seseorang harus memiliki persiapan mental, di sekolah inilah seseorang akan memiliki kemampuan tentang menghadapi masalah, tanggung jawab, manajemen waktu, dan lain-lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro