7 Cara Mudah Berhenti Mengemil

Menikmati camilan atau kudapan menjadi musuh banyak orang ketika sedang asyik bekerja, menonton atau melakukan kegiatan iseng belaka.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 27 September 2019  |  13:38 WIB
7 Cara Mudah Berhenti Mengemil
Pedagang menata camilan dagangannya di pasar Kliwon, Kudus, Jawa Tengah, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA – Menikmati camilan atau kudapan menjadi musuh banyak orang ketika sedang asyik bekerja, menonton atau melakukan kegiatan iseng belaka.

Mengudap memang menyenangkan, namun di sisi lain menikmatinya tak lantas membuat Anda kenyang seperti saat menikmati makanan pokok pada umumnya.

Sesungguhnya, banyak orang yang menikmati snack bukan karena ia lapar, namun karena lapar mata atau perasaan ingin mengunyah sesuatu.

Dikutip dari finder.com, berikut 7 cara mudah agar Anda berhenti mengemil:

1. Ganti dengan air

Seringkali rasa lapar dan haus tidak bisa dibedakan oleh banyak orang, Maka dari itu, jika Anda merasa ingin mengambil camilan, cobalah untuk minum air putih terlebih dahulu. Hal ini kemungkinan besar bisa membuat nafsu menyantap camilan lebih berkurang.

2. Kerjakan aktivitas lain

Perasaan ingin ‘ngemil’ seringkali datang ketika sedang bosan dan tidak tahu kegiatan apa yang harus dilakukan. Jika hal ini terjadi, pastikan untuk menganggu pikiran tersebut dengan kegiatan yang lebih produktif seperti membersihkan ruangan atau sekadar berjalan di luar rumah.

3. Makan tiga kali sehari

Intinya, jangan lupakan makan di waktu yang tepat yakni pagi, siang dan malam. Jika Anda melupakan waktu makan, besar kemungkinan Anda akan rajin mengambil camilan padahal kalori yang didapatkan bisa jadi sama.

4. Jangan kurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan bisa membuat Anda semakin lapar dan mengidam-idamkan camilan pada akhirnya. Jika memang merasa belum kenyang padawaktu makan besar, maka yang harus Anda lakukan adalah menambah porsi makan.

5. Biasakan membawa kotak makan

Jika Anda memiliki motivasi kuat untuk mengudap, pastikan Anda membawa kotak makan kemana pun Anda pergi. Membawa kotak makan akan mengingatkan Anda kalau ada makanan yang belum Anda konsumsi, sehingga peluang untuk menikmati camilan pun akan berkurang.

6. Tidur cukup

Studi menyebut kurangnya tidur dapat memberikan dampak pada kebiasaan makan. Ketika tidak beristirahat dengan cukup, tubuh membutuhkan banyak energi. Pada saat itu, besar kemungkinan Anda akan merasa membutuhkan camilan.

7. Jangan beli camilan

Jika merasa enam cara di atas tidak mampu melumpuhkan keinginan untuk mengemil, maka cara terbaik adalah dengan tidak membelinya. Jika tidak punya persediaan snack di rumah, pastinya Anda tidak akan mengonsumsinya. Pastikan juga Anda tidak membeli camilan saat berkunjung ke minimarket atau warung di sekitar rumah

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makanan ringan, ngemil

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top