Menikmati Yoga di Hari Tua

Sebagai aktivitas olah tubuh dan dan pikiran, senam yoga menjadi pilihan tepat bagi orang-orang yang tak lagi menganggap dirinya muda.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 04 Oktober 2019  |  07:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai aktivitas olah tubuh dan dan pikiran, senam yoga menjadi pilihan tepat bagi orang-orang yang tak lagi menganggap dirinya muda.

Heni Jaesia yang berusia 61 tahun, misalnya, memilih senam yoga karena dinilai tidak memerlukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Kendati demikian, manfaat dari olahraga tersebut tetap terasa baginya.

"Saya jadi merasa lebih awet muda," tutur Heni seusai mengikuti Yoga In The Park besutan Fitness First dan Celebrity Fitness, di Scientia Park Square, Tangerang, Minggu (29/9/2019) pagi. Sekitar 600 orang mengikuti senam yoga bersama tersebut.

Heni tampaknya tidak bergurau. Perempuan yang telah berlatih yoga selama 10 tahun ini, masih bisa mengikuti gerakan-gerakan sulit, seperti pose burung merpati. Gerakan ini fokus bertumpu pada dua tangan laiknya push-up dengan satu kaki dilipat ke depan dada, sedangkan kaki satunya diangkat ke belakang.

Dahi Heni boleh berkeriput. Namun, semangatnya tak kalah dengan anak muda yang ikut dalam acara itu. Raut semringah dan senyum yang terus mengembang selalu diperlihatkan olehnya.

"Ini manfaat lain dari yoga. Membuat saya lebih bahagia dan berpikiran positif. Senyum ialah salah satu langkah untuk meraih itu semua," ujar Heni yang telah menjadi anggota yoga seumur hidup di Celebrity Fitness, Mal Karawaci, Tangerang.

Meredam emosi

Hal serupa juga diungkapkan oleh Zulkarnain, 48 tahun. Karyawan swasta di Jakarta ini memilih yoga karena dianggap tidak memiliki beban terlalu berat dalam berolahraga.

"Kalau lari sudah terlalu lelah. Di usia seperti saya ini, yoga dan renang adalah pilihan tepat," ujar Zulkarnain.

Di sisi lain, yoga juga membantunya dalam menciptakan energi positif di tengah hiruk-pikuk ibu kota, lengkap dengan rutinitasnya. Kondisi itu pun kerap membuat Zulkarnain tersulut emosi, baik itu di perjalanan menuju kantor maupun ketika tiba di kantor.

Namun, Zulkarnain menyatakan mampu mengatur emosinya semenjak mengikuti yoga 2 tahun belakangan ini. Dengan demikian, dia dapat menjaga hubungan baik dengan rekan kerja atau pun dengan anggota keluarga.

Head of Fitness dari Celebrity Fitness dan Fitness First, Triesca Arisandy, menjelaskan bahwa manfaat dari yoga membuat olahraga ini kian populer di kalangan masyarakat.

"[Manfaatnya] meningkatkan keseimbangan tubuh, fleksibilitas, otot inti, kekuatan sendi, kekebalan tubuh, dan juga fokus mental adalah bagian penting dari gaya hidup sehat berbasis holistik," tutur Triesca.

Triesca melanjutkan, secara keseluruhan, olahraga yoga berfokus pada praktik pernapasan yang hanya menggunakan hidung atau lebih dikenal di kalangan pencinta yoga sebagai Ujayyi Breathing.

Selain itu, ada juga performa berbagai kombinasi pose yoga seperti Sun Salutations (Surya Namaskar), Standing Forward Bend (Uttanasana), dan Downward-Facing Dog (Adha Mukha Svanasana).

Peserta meningkat

Adapun, acara Yoga In The Park mengajak para peserta terjun ke petualangan yoga yang menyajikan berbagai tema populer, seperti Basic Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Power Yoga, dan Yin Yoga.

Petualangan mereka dapat terus berlanjut ke dalam 44 klub Celebrity Fitness dan Fitness First, yang memiliki instruktur yoga bersertifikasi nasional dan internasional.

Country Manager Celebrity Fitness dan Fitness First Indonesia, David Prosser, mengaku senang karena banyak pencinta yoga mengakui kualitas program dari kedua brand kebugaran tersebut.

"Tahun lalu, Yoga In The Park dikunjungi oleh 250 peserta. Tahun ini, kami sukses mengumpulkan 600 peserta pada acara yang luar biasa ini," ujar David.

Dia menambahkan bahwa dengan pilihan program yoga yang beragam membuat olahraga ini lebih populer dan memperluas komunitas yoga di dua brand kebugaran tersebut.

Sebanyak 11 klub Fitness First telah membuka 200 kelas yoga setiap minggunya. Sementara 33 klub Celebrity Fitness membuka 600 kelas setiap minggu dengan kelas Signature Celebrity Fitness seperti Hot Yoga dan Floating Yoga.

Adapun, yoga signature di Fitness First yang bernama Flow Yoga Series, menawarkan 6 tema yoga bersensasi unik di setiap kelas, antara lain Gentle Flow, Dynamic Flow, Hot Flow, Core Flow, Advance Flow, dan Aerial Flow.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
YOGA

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top