Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Tahun Kiprah Ria Miranda di Dunia Fesyen

Menandai 10 tahun kiprahnya di dunia mode tanah air, desainer Ria Miranda dengan brand RiaMiranda tahun ini akan menggelar pameran bertajuk “10 Langkah RiaMiranda”.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 30 Oktober 2019  |  10:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Menandai 10 tahun kiprahnya di dunia mode tanah air, desainer Ria Miranda dengan brand RiaMiranda tahun ini akan menggelar pameran bertajuk “10 Langkah RiaMiranda”.

Pameran ini bertujuan bukan hanya menunjukan milestone 10 tahun brand RiaMiranda, namun juga sebagai tempat berkolaborasi melalui berbagai agenda aktifitas berbagi pengalaman dan pengetahuan yang ditujukan untuk umum dan RiaMiranda Loyal Community (RMLC). Pameran “10 Langkah RiaMiranda” terbuka untuk umum dan berlangsung pada 24 Oktober hingga 1 Desember 2019, di Senayan City, Jakarta.

“Tidak terasa brand RiaMiranda udah sampai 10 tahun, dan kita justru merasa ini seperti sebuah lembaran baru. Pameran ini sebagai bentuk syukur menghargai waktu dan proses kerjasama tim yang solid, bentuk apresiasi terhadap semua pihak yang menemani langkah perjalanan. Pameran ini untuk memberitahu bahwa brand RiaMiranda selalu mengedepankan kolaborasi, komunitas dan give back to society. Di momen yang istimewa ini
kita berkolaborasi sesama rekan industri kreatif yang akan ditampilkan dalam pameran ini”, cerita Ria Miranda selaku Founder dan Creative Director brand RiaMiranda tentang konsep pameran ‘10 Langkah’-nya.

Konsep pameran “10 Langkah RiaMiranda” berangkat dari sebuah ide ‘lembaran-lembaran buku’ yang dibuka'. Hal ini kami lakukan mengingat Ria Miranda akan meluncurkan sebuah buku sebagai tanda 10 tahun telah berkarya. Ide ‘lembaran-lembaran buku’ tersebut kemudian kami terjemahkan ke dalam sebuah media pameran yang dapat memberikan pengalaman ruang kepada pengunjung, layaknya sedang mengarungi proses waktu 10 tahun
RiaMiranda berkarya.

RiaMiranda menyuguhkan koleksi istimewa melalui ragam inovasi best seller pattern dan best seller siluet busana yang mengisahkan perjalanan panjang RiaMiranda yang terinspirasi dari langkah-langkah yang dilalui untuk sampai ke perjalanan 10 tahun RiaMiranda. Logo monogram Dekade juga menjadi ciri khas dari  koleksi ini. Ragam produk gaya hidup mulai dari casual, formal, aksesoris, busana pria, busana anak-anak hingga home and living siap menemani langkah keseharian.

Pada kesempatan yang sama RiaMiranda juga akan merilis buku ke-4nya dengan judul “10 Langkah RiaMiranda” yang berisi pengalaman dalam membangun bisnis, pencapaian selama tahun 10 tahun, dan cerita-cerita berharga yang ingin dibagi kepada para teman setia.

“InsyaAllah koleksi Dekade series dan buku 10 Langkah RiaMiranda akan bisa dimiliki di Pameran Dekade kami. Sebagai milestone yang kami syukuri, di kesempatan ini juga akan menghadirkan banyak variasi item yang dibuat khusus dengan detail monogram 1 dekade RiaMiranda. Semua sudah disiapkan matang dan secara spesial untuk teman-teman RiaMiranda Loyal Community (RMLC)” papar RiaMiranda menjelaskan koleksi Dekade nya.

Pameran ini merupakan kerjasama dengan melakukan kolaborasi antar sesama rekan di industri kreatif. Mulai dari pengaturan tata letak ruang pameran oleh biro arsitek; FFFAAARRR, desain grafis yang dituangkan kedalam buku 10 Langkah serta grafis informasi oleh Environmental Design Graphic Studio; Nusae.

“Kolaborasi multi disiplin ilmu antar sesama rekan di industri kreatif yang ditampilkan pada pameran ini menjadi hal baru dan menjadi keunikan dalam pemeran ini. FFFAAARRR sebagai Arsitektur, NUSAE sebagai Environmental Design Graphic, Ika Putranto sebagai Art Director, Digital Nativ yang membuat instalasi seni sampai Gema Semesta Studio yang membuat motion graphic hingga kolaborasi pertama di Indonesia antara fashion dan teknologi bersama
Microsoft Rinna.” ungkap Pandu Rosadi selaku Co-founder dan Managing Director brand RiaMiranda.

Mengisahkan lembaran baru dengan berkolaborasi bersama FFFAAARRR, Nusae, dan Microsoft Rinna untuk menyuguhkan inovasi konsep berbeda dan pengalaman istimewa yang akan dihadirkan dalam bentuk pameran. Inovasi konsep kolaborasi ini membuktikan bahwa fashion dapat beradaptasi dan menjawab solusi dengan mengasimilasi pada bidang-bidang lainnya di sektor industri kreatif yang dapat menginspirasi.

Kolaborasi RiaMiranda dan FFFAAARRR arsitek desain pameran dalam pameran “10 Langkah RiaMiranda”. Keterlibatan FFFAAARRR dimulai dari pengembangan konsep desain, penentuan sirkulasi alur dan tata letak pameran, hingga perancangan  desain instalasi secara keseluruhan. Desain dalam pameran “10 Langkah RiaMiranda” diharapkan mampu menyampaikan esensi pameran kepada pengunjung melalui presentasi yang elegan, sesuai dengan konsep busana RiaMiranda.

“Bagi kami, kolaborasi ini adalah sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan sebab kami mendapatkan kesempatan untuk dapat bekerjasama dengan berbagai professional dari lingkup profesi dan latar belakang yang berbeda-beda. Ke depannya, kami sangat berharap untuk dapat berkolaborasi kembali dengan Ria Miranda, yang tentunya tidak menutup kemungkinan hanya untuk projek event semata,” ungkap Azalia Maritza, Principal
Architect FFFAAARRR.

Kolaborator lain yang tergabung dalam pameran ini adalah Nusae. RiaMiranda bekerja-sama dengan Nusae dalam hal pembuatan buku “10 Langkah RiaMiranda”, dimana Nusae merancang layout buku tersebut, lalu Nusae juga mendesain hal-hal seperti leaflet, invitation letter, shopping bag, voucher, template media sosial, hingga poster.

Nusae juga mendesain signage dan graphic ambiance dalam pameran “10 Langkah RiaMiranda”, dimana visi dari tim RiaMiranda bertemu dengan pendekatan desain modern khas Nusae. Melalui kolaborasi ini, diharapkan kedepannya RiaMiranda dan Nusae dapat kembali bersimbiosis dalam kreativitas, memberikan inspirasi pada khalayak luas, dan saling mendukung dalam mewujudkan visi masing-masing. Kolaborasi RiaMiranda dan Microsoft Rinna “Kami ingin teknologi Artificial Intelligence (AI) kami pada Microsoft Rinna dapat menginspirasi industri fashion, menyediakan ruang untuk inovasi agar industri ini dapat terus berkembang.

Dalam kolaborasi ini, Microsoft Rinna berkreasi dengan pola-pola yang hadir dalam koleksi hijab Ria Miranda, mendorong produktivitas dan kreativitas
pelaku industri. Kami berharap kolaborasi ini dapat terus belanjut dan memotivasi industri fashion untuk meningkatkan kompetensinya melalui berbagai inovasi teknologi termasuk AI,” ungkap Linda Dwiyanti, Director of Marketing and Operations, Microsoft Indonesia.

Kolaborasi dengan perancang busana Indonesia menggunakan teknologi berbasis AI adalah yang pertama di Indonesia, membuat inovasi teknologi AI lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kolaborasi ini juga membuktikan bahwa dunia mode dan teknologi dapat muncul dengan inovasi baru dan pada akhirnya mengarah pada peningkatan nilai industri kreatif Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desainer
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top