Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

8 Tips Mudah Mengendalikan Kemarahan

Apakah Anda tipe orang yang sulit menahan marah dan kejengkelan karena banyak hal, termasuk juga hal kecil?
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  09:56 WIB
Ekspresi marah - marretcounseling.com
Ekspresi marah - marretcounseling.com

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda tipe orang yang sulit menahan marah dan kejengkelan karena banyak hal, termasuk juga hal kecil?

Merasa marah adalah hal yang normal dan sebenarnya adalah emosi yang sehat. Tetapi penting untuk menghadapinya dengan cara yang positif. Ini karena amarah yang tidak terkendali tidak bisa hanya merusak hubungan Anda tetapi juga kesehatan mental dan fisik Anda. Kemarahan yang tidak terkendali terkadang membuat Anda mengatakan atau melakukan hal-hal yang Anda sesali kemudian.

Jika Anda juga sering merasa marah, berikut adalah beberapa tipa manajemen kemarahan yang mudah yang dapat membantu mengendalikan amarah Anda sebelum amarah mengendalikan Anda seperti dilansir dari Timesofindia.com:

Hitung mundur

Hitung mundur atau hingga 10. Jika Anda benar-benar marah pada sesuatu, Anda bahkan bisa mulai dari 100. Waktu yang Anda habiskan dalam menghitung, membantu detak jantung Anda melambat dan pada akhirnya kemarahan Anda akan mereda.

Ambil napas dalam-dalam

Saat Anda menjadi marah, pernapasan Anda meningkat dan menjadi lebih dangkal. Anda dapat membalikkan amarah Anda atau setidaknya menurunkan amarah Anda dengan mengambil napas lambat dan dalam dari hidung Anda dan mengeluarkan napas dari mulut Anda selama satu menit.

Jalan-jalan

Berolahraga menenangkan saraf Anda dan dengan demikian membantu mengurangi kemarahan. Ketika Anda merasa marah lain kali, berjalan-jalan, pergi ke gym atau menari di lagu favorit Anda. Cobalah apa pun yang membuat Anda bergerak dan rileks pikiran dan tubuh Anda.

Temukan mantra Anda dan ulangi

Terkadang kata atau frasa dapat membantu menenangkan Anda. Saat Anda marah lain kali, ucapkan hal-hal seperti ‘santai’, santai ’,‘ Anda bisa melakukannya ’atau‘ semuanya akan baik-baik saja ’.

Tetap tenang

Terkadang kemarahan membuat Anda mengatakan dan bahkan melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan dan sesuatu yang akan Anda sesali nanti. Cobalah untuk tetap diam ketika Anda merasa terlalu marah. Beri diri Anda waktu tanpa bicara dan percayalah pada kami bahwa Anda akan merasa lebih baik dalam lima - 10 menit ke depan.

Lakukan peregangan

Menggerakkan leher dan bahu Anda adalah gerakan yoga terbaik dan tidak berat yang dapat membantu mengendalikan emosi Anda. Anda bahkan tidak memerlukan peralatan apa pun untuk melakukan ini.

Berlatihlah berterima kasih

Ketika semuanya terasa salah, luangkan waktu sejenak untuk fokus pada apa yang benar. Menghitung berapa banyak hal baik yang Anda miliki dalam hidup dapat membantu Anda mengendalikan amarah dan membalikkan situasi.

Ekspresikan kemarahan

Terkadang tidak apa-apa untuk mengatakan bagaimana perasaan Anda selama Anda bisa menanganinya dengan cara yang benar. Meskipun ledakan tidak dapat menyelesaikan masalah, tetapi dialog yang matang dapat membantu mengurangi kemarahan dan stres Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

marah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top