Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

3 Cara Menangani Remaja yang Alami Stres

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 19 Desember 2019 - 11:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh American Psychological Association menemukan bahwa lebih dari 90 persen anak usia 18 hingga 21 tahun saat ini mengalami setidaknya satu gejala fisik atau emosi akibat stres.

Selain gejala fisik yang dialami anak Anda, gejala stres umum lainnya termasuk perasaan tertekan atau sedih, menunjukkan kurangnya minat di sekolah atau kehidupan sehari-hari, kurang motivasi atau energi, dan merasa gugup atau cemas.

Penyebab stres pada remaja bukan hanya yang terjadi di rumah atau di sekolah. Tetapi juga efek dari media sosial atau pemberitaan di dunia.

Stres di usia remaja harus segera ditanggulangi, agar tidak berlanjut dan kian parah seiring usianya bertambah. Berikut beberapa kiat menangani remaja yang tengah dilanda stres :

1. Dengarkan saja

Minta mereka untuk menggambarkan keadaan sulit yang membuat mereka stres. Mungkin persahabatan yang bermasalah, mungkin lingkungan pertemanan yang mengganggu.

Pada tahap ini, akui bahwa kesulitan mereka serius, meskipun jika mereka agak dramatis atau berlebihan atau tidak rasional. Kuncinya adalah tidak menyangkal apa yang mereka alami dan bagaimana perasaan mereka. Sebagai tanggapan, tunjukkan rasa ingin tahu yang tenang tentang pengalaman mereka. Tujuannya bukan untuk menghilangkan rasa sakit mereka. Tujuannya agar mereka merasa dilihat dan didengar oleh Anda.

2. Dorong mereka untuk mendiagnosis stres

Kedua, bantu mereka mengidentifikasi perasaan mereka sebagai respons terhadap stresor.  Bantu mereka mengetahui apa yang membuat mereka stres dan cemas sehingga mereka bisa sadar  dan menghindari penyebabnya.

Selain mencari sumber stres, dapat bermanfaat bagi remaja untuk mengklasifikasikan jenis stres tertentu yang mereka alami: Apakah itu terkait dengan peristiwa kehidupan negatif? Apakah ini merupakan hasil dari kesulitan sehari-hari kumulatif yang berada di luar kendali remaja?

Stres kehidupan atau peristiwa adalah hal-hal seperti kematian orang yang dicintai, atau pindah sekolah, atau berurusan dengan perceraian orang tua Anda. Semakin banyak perubahan dalam kehidupan yang menuntut seorang remaja, semakin stres itu akan cenderung menghantam.

3. Memberikan pemahaman jika stres itu sehat

Ini dapat membantu remaja untuk mengajarkan mereka perbedaan antara stres dan kecemasan. Stres, adalah ketegangan atau ketegangan yang kita rasakan ketika kita didorong keluar dari zona nyaman kita. Stres itu sehat dan bermanfaat ketika itu menciptakan ketegangan dan ketegangan yang cukup untuk mendorong pertumbuhan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita belajar dan tumbuh ketika kita berada di luar zona nyaman kita ketika kita menghadapi tantangan baru. Stres dapat bertindak seperti vaksin untuk stres di masa mendatang (peneliti menyebut ini "inokulasi stres."). Orang yang mampu mengatasi keadaan stres sering kali melanjutkan untuk menunjukkan ketahanan di atas rata-rata.

Kecemasan, di sisi lain, adalah ketakutan dan ketakutan dan kepanikan yang dapat muncul untuk kita di hadapan pemicu stres (atau bahkan hanya sekadar pemikir tentang pemicu stres).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : psycology today
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro