sumber: Reuters
Relationship

Inspirasi Tampilan Rumah Jelang Tahun Baru

Reni Lestari
Selasa, 24 Desember 2019 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan akhir tahun segera tiba. Bagi beberapa orang, momen menyambut tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan diri serta menambah semangat baru. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah rumah sebagai atap utama keluarga menjadi awal yang baik untuk memulainya.

Melihat tren masyarakat urban kini yang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah, untuk berkumpul dengan orang tercinta atau sebagai tempat usaha, maka ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk menciptakan kenyamanan di rumah.

Ini saatnya kembali menata ulang ruang bersama keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menata ulang seperti kebutuhan ruang, mood keluarga untuk menunjang kenyamanan dan produktifitas, dan tentunya bisa menghemat pemakaian listrik tahun depan. Simak fakta-fakta berikut untuk memberikan kenyamanan bagi keluarga seraya menyambut tahun baru!

1. Jendelaku, Perisaiku

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa suhu udara terasa lebih gerah di beberapa bulan terakhir dibandingkan musim kemarau? Bukankah seharusnya kita sudah memasuki musim hujan? Sains mencatat hal tersebut terjadi karena kelembapan udara alias tingkat kandungan uap air dalam udara semakin banyak melepaskan uap dari panas matahari. Selain itu, kandungan uap air juga memiliki kemampuan mempertahankan panas yang cukup lama.

Jadi, saat udara dengan kelembaban tinggi terus mendapatkan sinar matahari, panas yang yang masuk akan terakumulasi sehingga membuat suhu udara bertambah panas. Maka dari itu, mungkin sudah saatnya kamu menyadari bahwa suhu udara dalam rumah juga dipengaruhi oleh sinar matahari yang masuk melalui kaca dan menyebarkannya secara merata ke dalam ruangan. Sementara, suhu panas tersebut juga dapat mengurangi energi dari penggunaan AC dan lampu di dalam ruangan.

Guna menunjang kenyamanan di dalam rumah, ada baiknya Anda menggunakan Window Film yang berfungsi untuk mengurangi panas, meningkatkan privasi dan gaya, menghalangi sinar UV, mengurangi pantulan, dan memberikan keamanan yang lebih baik. Selain itu dengan menggunakan Window Film, sinar matahari yang masuk akan tersebar secara merata ke dalam ruangan. Pada saat bersamaan juga menahan suhu panas masuk ke dalam ruangan. Selain itu dapat juga menghalangi sinar UV, mengurangi pantulan, mengurangi energi dari penggunaan AC dan lampu di dalam ruangan.

Bayangkan listrik yang bisa Anda hemat dengan mengurangi 78% suhu panas yang ada di ruangan. Jadi, yuk kita memulai langkah ini untuk memerangi perubahan iklim dan nantinya, planet bumi akan berterima kasih atas hal kecil yang kita lakukan.

2. Warna Tepat, Mood Meningkat

Tahukah kamu? Ternyata warna dan desain interior rumah dapat mempengaruhi mood penghuninya lho. John Pile, seorang penulis Color in Interior Design mengungkapkan bahwa penggunaan warna serta desain dinding rumah sangat berkaitan erat untuk memengaruhi kondisi psikologis seseorang. Jadi, kalau sudah mulai bosan atau jenuh, tidak ada salahnya untuk mulai berkreativitas dengan mendekor ulang interior rumah Anda. Ini juga bentuk kamu memberikan perhatian kepada keluarga dan juga rumahmu.

3. Kamarku, Tempat Berkreasiku

Melihat 2020 sudah di depan mata, ini momen yang tepat untuk merapikan kembali hal-hal yang Anda miliki di tahun ini. Sebagai permulaan, coba lihat keadaan kamar Anda. Jika Anda punya banyak barang, itu akan membuat kamar terasa lebih sempit dan ruang gerak jadi terbatas.

Jika Anda ingin membuat kamar terlihat lebih spacious tanpa harus membuang barang-barang yang masih Anda suka, rahasianya adalah memaksimalkan dinding di ruang kamarmu.

Selain itu, dinding di kamar juga dapat digunakan untuk memajang barang berukuran besar atau menggantung berbagai peralatan di dinding. Anda dapat memulainya dengan membuat papan gantung untuk menyimpan berbagai aksesoris seperti anting, kalung, gelang, tas tangan, dan barang favorit kamu lainnya. Dengan menata berbagai peralatan di dinding, tentunya Anda akan mendapatkan ruangan yang lebih besar dan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro