Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow, Dua Film Korea ini Masuk Jajaran Criterion Collection Hollywood

Setelah membuat sejarah dalam ajang Oscar sebagai film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan kategori Best Picture, Parasite (2019) dikabarkan akan masuk dalam Criterion Collection.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  14:01 WIB
Parasite - CJ Production - istimewa
Parasite - CJ Production - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah membuat sejarah dalam ajang Oscar sebagai film berbahasa asing pertama yang memenangkan kategori Best Picture, Parasite (2019) digadang-gadang akan masuk dalam Criterion Collection.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Jumat (14/2), film garapan Bong Joon-ho lainnya, yakni Memories of Murder (2003), dikabarkan akan masuk ke dalam daftar spesial DVD rilis tersebut.

Film tersebut merupakan sejarah penting dalam karir Bong karena pertama kalinya dia bekerja sama dengan aktor Song Kang-ho, yang juga menjadi tokoh utama dalam film Parasite. Selain itu, Memories of Murder merupakan film yang juga populer tak hanya di Korea, tetapi juga seluruh dunia.

Dengan demikian, bukan hal yang aneh bila Criterion Collection memilih dua film dari Bong Joon-ho itu untuk mendapatkan rilis eksklusifnya. Masih belum diketahui kapan rencananya DVD Parasite dan Memories of Murder dari Bong akan dirilis komersial.

Sebagai informasi, Criterion Collection merupakan perusahaan pengedar DVD film paling terkenal di dunia yang didirikan sejak 1984.

Selama lebih dari 3 dekade perjalanannya, perusahaan telah mengumpulkan dan menerbitkan film-film internasional berkualitas dan atau yang tidak dirilis ke publik luas.

Criterion juga seringkali merestorasi film-film klasik yang sudah hilang atau rusak dan merilisnya dalam kualitas yang bisa dinikmati di berbagai platform.

Selain itu, perusahaan juga dikenal karena keluasan kontennya yang tidak hanya mencakup film saja tetapi juga menampilkan video dokumentasi di balik pembuatan karya film tersebut.

Alhasil, rilisan fisik dari Criterion Collection memiliki nilai yang tinggi dan menjadi salah satu buruan para pencinta film di seluruh dunia.

Film Parasite ini baru saja membawa pulang empat piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Director, Best International Feature Film, dan Best Original Screenplay.

Menyusul keberhasilannya itu, Neon selaku distributor film akan merilis secara luas film tersebut di pasar Amerika Serikat (AS). Akhir pekan ini, sekitar 2.000 lokasi penayangan di AS telah terkonfirmasi bakal memutar film Parasite.

Neon juga baru-baru dilaporkan telah memperoleh hak distribusi untuk film Memories of Murder dan berencana merilis kembali film tersebut di beberapa pasar utama internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala oscar
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top