Direktur Utama RSPI Prof. dr Sulianti Saroso Mohammad Syahril memberi keterangan pers perkembangan kasus COVID-19, Rabu (4/3/2020). JIBI/Bisnis/ Nyoman Ary
Health

Virus Corona, Kemenkes Terima Sampel dari 35 Rumah Sakit

Nyoman Ary Wahyudi
Rabu, 4 Maret 2020 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona jenis baru COVID-19, Achmad Yurianto menuturkan pihaknya tengah menelusuri riwayat kontak dari dua pasien yang sedang dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

"Beberapa orang kita minta untuk didatangkan ke sini (RSPI) untuk kita lakukan pemeriksaan, nanti secara detail hasilnya akan kita sampaikan lebih lanjut, tuturnya dalam Konferensi pers di RSPI, Rabu (4/3/2020).

Ihwal strategi yang dilakukan, Yuri menjelaskan, Kementerian Kesehatan merujuk dari database yang dimiliki oleh pihak imigrasi.

"Ini penting kalau suatu saat menjadi sakit dan kita akan bisa melacak dengan cepat," ucapnya.

Yuri mengatakan, saat ini Kemenkes sudah menerima sampel dari 35 rumah sakit di 23 provinsi, dan menggarisbawahi bahwa orang dalam pemantauan (ODP) tidak dimaknai sebagai orang sakit.

Hingga hari ini, data terakhir menunjukkan terdapat 451 orang dalam pemantauan. Sementara itu, Direktur Utama RSPI Prof dr Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan ada tujuh rumah sakit lain  menerima rujukan pasien diduga terinfeksi virus corona.

Ketujuh rumah sakit itu meliputi RSUP Persahabatan, kemudian dari RSPAD Gatot Subroto, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RS Polri Soekamto, RS Mintoharjo, terakhir RSUP Fatmawati.

"Ya, jadi nanti pasien yang rujukan dari rumah sakit tidak selalu ke RSPI, tapi bisa ke yang disebutkan tadi," jelasnya.

Yudi juga menuturkan seharusnya semua rumah sakit memiliki posko sebagai upaya antisipasi nasional virus corona.

"Harus ada kesadaran dari semua pihak untuk menghambat penularan dan juga terutama yang kontak, yang kontak belum tentu sakit," tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro