Ilustrasi/Babypost
Health

5 Kunci Mendidik Anak Menjadi Sukses

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 10 Maret 2020 - 11:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Semua orang tua harus memahami bahwa kesuksesan anak Anda pada akhirnya berada dalam kendali dan di luar kendali Anda.

Meskipun, sayangnya, tidak ada panduan pasti untuk memastikan Anda membesarkan anak-anak yang sukses, pengaruh Anda pada mereka dapat memiliki efek yang lebih konkret daripada yang Anda pikirkan.

Dilansir dari Parents.com, berikut adalah beberapa cara untuk membantu anak Anda menemukan jalan menuju sukses baik di dalam maupun di luar sekolah, menurut para ahli

1. Berkomunikasi dengan si kecil sedari dini

5 Kunci Mendidik Anak Menjadi Sukses

Keahlian komunikasi yang kuat membuka banyak peluang seumur hidup untuk anak Anda dan mendorong mereka sebagai siswa dan pemimpin di bidang pilihan mereka. Namun, menumbuhkan kemampuan ini tidak perlu menunggu sampai anak Anda mengucapkan kata-kata pertamanya.

Para peneliti di University of Iowa telah menemukan bahwa bahkan bayi dapat terlibat dalam panggilan dan respons percakapan sehari-hari.

Anak-anak usia 4 hingga 6 yang secara efektif terlibat dalam percakapan bolak-balik memiliki lebih banyak aktivasi di area Broca, bagian otak yang terkait dengan produksi ucapan. Lebih jauh lagi, anak-anak dengan area Broca yang lebih aktif ini tampil lebih baik dalam tes yang mencakup konsep seni bahasa.

Dengan mendorong percakapan bahkan sejak usia dini, Anda dapat membantu anak Anda tidak hanya mendapatkan bahasa lebih cepat tetapi juga mempromosikan perkembangan otak yang kritis.

2. Pikirkan matang-matang konsumsi media anak

5 Kunci Mendidik Anak Menjadi Sukses

Screen time sering dilukiskan musuh kesuksesan, terkait dengan masalah di sekolah, obesitas, dan interaksi sosial yang kurang efektif. Namun, dampak ini pada seorang anak, lebih menyoroti apa yang mereka lewatkan saat menonton televisi.

Untuk pemirsa muda, menonton acara yang merupakan pengecualian dari aturan tersebut yakni Sesame Street adalah merupakan standar emas televisi pendidikan, pakar konsultasi, dan kelompok fokus berukuran pint untuk memastikan audiens mereka mempelajari subjek yang dimaksud dari setiap segmen.

Jika Anda ingin tahu apakah acara favorit anak Anda telah melakukan penelitian serupa, lihat situs web mereka, karena mereka biasanya akan menyiarkan informasi ini.

3. Pastikan anak anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur

5 Kunci Mendidik Anak Menjadi Sukses

Untuk anak-anak Anda, tidak hanya jumlah tidur yang mereka dapatkan tetapi juga konsistensi faktor jadwal tidur mereka berpengaruh dalam kesuksesan mereka. Tidur siang reguler, misalnya, penting untuk kemampuan balita Anda yang mana mereka menerapkan konsep bahasa baru secara abstrak.

Kebutuhan tidur hanya meningkat ketika anak Anda tumbuh. Otak hingga 30 bulan cukup matang untuk memungkinkan pemutaran ulang saraf, cara pikiran Anda untuk mempelajari hal baru saat Anda tidur dan menyimpannya dalam memori Anda. Saat anak Anda mulai sekolah dasar, mereka akan membutuhkan sekitar sembilan hingga 11 jam tidur malam untuk memaksimalkan apa yang mereka pelajari di kelas sehari sebelumnya.

4. Ajarkan mereka untuk menghargai proses

5 Kunci Mendidik Anak Menjadi Sukses

Membangun rutinitas dan menetapkan harapan untuk diikuti anak Anda akan membantu mereka memahami manfaat dari manajemen waktu dan konsistensi. Harapan Anda akan menjadi keinginan mereka sendiri saat mereka dewasa dan melihat imbalan dari upaya mereka dari waktu ke waktu, contohnya mereka belajar keras untuk kelas yang sulit atau hanya membersihkan kamar mereka.

5. Bangun support system di sekolah

5 Kunci Mendidik Anak Menjadi Sukses

Saat anak Anda lulus sekolah dasar, pandangan dunia mereka meluas hingga berjam-jam dihabiskan di kelas. Guru-guru mereka, khususnya, memiliki pengaruh kuat pada pertumbuhan mereka, membawa serta banyak pengalaman dan pemahaman profesional tentang tonggak dan harapan perkembangan dan pendidikan.

Dikombinasikan dengan pengetahuan Anda yang unggul tentang anak Anda dan kebutuhan mereka, sekolah dan rumah dapat bekerja bersama untuk menumbuhkan kesuksesan mereka saat mereka maju dari kelas ke kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro