Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Tidur Sedunia: Ini Tips Memperbaiki Kualitas Tidur

Kuantitas tidur telah turun secara signifikan karena kegiatan sehari-hari yang sibuk. Namun, kualitas tidur tetap harus terjaga.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  16:53 WIB
Tidur dengan kipas angin - Istimewa
Tidur dengan kipas angin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Tidur Sedunia jatuh pada 13 Maret 2020. Hari itu didedikasikan untuk menciptakan kesadaran bahwa tidur nyeyak menjadi penting.

Hari Tidur Sedunia ini dirayakan oleh World Sleep Society. Tema Hari Tidur Sedunia tahun ini adalah 'tidur yang lebih baik, kehidupan yang lebih baik, planet yang lebih baik'. Melalui penyebaran informasi ini, World Sleep Organization bertujuan mengurangi beban global dari gangguan tidur.

Jutaan orang mengeluh kurang tidur. Stres adalah penyebab utama kurang tidur. Dilansir melalui The Star, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang susah tidur.

Sebesar 52 persen diakibatkan oleh stress, kecemasan dan depresi, 34 persen dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, 26 persen karena suasana yang tidak nyaman dan membantu untuk terlelap, dan 25% akibat menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget sebelum tidur.

Kurang tidur dapat menyebabkan beberapa dampak negatif terhadap tubuh. Umumnya seseorang akan mengalami penurunan konsentrasi terlebih saat bekerja, perubahan suasana hati, berat badan bertambah, darah tinggi, hingga membahayakan jantung.

Tidur sangat penting bagi tubuh karena hanya pada saat kita tertidur, organ penting di dalam tubuh melakukan regenerasi setelah bekerja seharian. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik:

1. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

2. Minum cukup air putih

3. Hindari kafein dan alkohol di malam hari

4. Gunakan kasur, bantal dan selimut yang nyaman

5. Makan malam secukupnya dan jangan terlalu larut

6. Beraktivitas di luar ruangan

7. Membaca buku sebelum tidur

8. Melakukan beberapa gerakan olahraga ringan untuk relaksasi

Sementara kebutuhan tidur masing-masing orang berbeda, kebanyakan orang dewasa yang sehat membutuhkan antara 7 hingga 9 jam tidur per malam agar dapat beraktivitas dengan baik keesokan harinya.

Anak-anak dan remaja bahkan membutuhkan lebih banyak waktu tidur. Terlepas dari anggapan bahwa kebutuhan tidur kita berkurang seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang tua masih membutuhkan setidaknya 7 jam tidur.

Helpguide.ord menyebutkan, karena orang dewasa yang lebih tua sering mengalami kesulitan tidur malam dengan durasi waktu tidur yang panjang, tidur siang dapat membantu mengisi kekosongan. Jika tips ini tidak membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, berkonsultasilah dengan dokter.

Hari Tidur Sedunia memahami bahwa tidur nyenyak adalah bagian penting dari kesehatan dan kesejahteraan untuk tubuh manusia. Tanpa tidur yang nyenyak dan berkualitas, seseorang akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur pola tidur
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top