Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mual, Muntah, dan Diare Bisa Jadi Gejala Awal Infeksi Virus Corona

Sebuah penelitian dari The American Journal of Gastroenterology juga menyatakan bahwa gejala gastrointestinal seperti mual dan diare bisa jadi merupakan petunjuk awal dari adanya infeksi virus corona baru.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  10:47 WIB
Diare - boldsky.com
Diare - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian terbaru di China menunjukkan bahwa hampir setengah pasien positif virus corona atau COVID-19 mengalami gejala seperti mual, muntah, dan diare.

Mengutip laporan CBS News, Selasa (31/3) penelitian tersebut mengumpulkan data dari 204 pasien positif virus corona pada usia 50an yang dirawat di rumah sakit di provinsi Hubei antara 18 Januari hingga 28 Februari lalu.

“Dokter harus ingat bahwa gejala-gejala pencernaan seperti diare mungkin merupakan fitur gejala COVID-19 dan bahwa infeks kecurigaannya juga ditingkatkan lebih awal,” kata para peneliti dari Wuhan Medical Treatment Expert Group for COVID-19.

Sebuah penelitian dari The American Journal of Gastroenterology juga menyatakan bahwa gejala gastrointestinal seperti mual dan diare bisa jadi merupakan petunjuk awal dari adanya infeksi virus corona baru.

Sebagaimana diketahui, virus corona pada umumnya merupakan bagian dari keluarga penyakit pernapasan. Pasien sering menunjukkan gejala seperti penumonia terutama demam, batuk, dan kesulitan bernapas.

Adapun studi peer-review yang diterbitkan di Journal of American Medical Association mengidentifikasi 14 pasien virus corona yang mengalami diare dan mual sebelum mereka menunjukkan tanda-tanda demam atau gejala pernapasan.

Susan Kline, juru bicara Infectious Diseases Society of America mengatakan bahwa gejala fastrointestinal tidak biasa terjadi pada pasien SARS selama wabah virus mematikan pada tahun 200an yang lalu.

Dia melanjutkan bahwa banyak penyakit yang menyebabkan mual, diare, dan muntah walaupun itu bukan gejala utamanya. Menurutnya, mengidentifikasi mereka yang mengalami gejala ini cukup penting pada awal tahap wabah pandemi COVID-19.

“Itu akan sangat membantu bagi dokter sehingga mereka setidaknya dapat memperimbangkan bahwa pasien dengan virus corona baru mungkin memiliki gejala muntah atau diare,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona mualaf
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top