Diare/boldsky.com
Health

Mual, Muntah, dan Diare Bisa Jadi Gejala Awal Infeksi Virus Corona

Syaiful Millah
Selasa, 31 Maret 2020 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian terbaru di China menunjukkan bahwa hampir setengah pasien positif virus corona atau COVID-19 mengalami gejala seperti mual, muntah, dan diare.

Mengutip laporan CBS News, Selasa (31/3) penelitian tersebut mengumpulkan data dari 204 pasien positif virus corona pada usia 50an yang dirawat di rumah sakit di provinsi Hubei antara 18 Januari hingga 28 Februari lalu.

“Dokter harus ingat bahwa gejala-gejala pencernaan seperti diare mungkin merupakan fitur gejala COVID-19 dan bahwa infeks kecurigaannya juga ditingkatkan lebih awal,” kata para peneliti dari Wuhan Medical Treatment Expert Group for COVID-19.

Sebuah penelitian dari The American Journal of Gastroenterology juga menyatakan bahwa gejala gastrointestinal seperti mual dan diare bisa jadi merupakan petunjuk awal dari adanya infeksi virus corona baru.

Sebagaimana diketahui, virus corona pada umumnya merupakan bagian dari keluarga penyakit pernapasan. Pasien sering menunjukkan gejala seperti penumonia terutama demam, batuk, dan kesulitan bernapas.

Adapun studi peer-review yang diterbitkan di Journal of American Medical Association mengidentifikasi 14 pasien virus corona yang mengalami diare dan mual sebelum mereka menunjukkan tanda-tanda demam atau gejala pernapasan.

Susan Kline, juru bicara Infectious Diseases Society of America mengatakan bahwa gejala fastrointestinal tidak biasa terjadi pada pasien SARS selama wabah virus mematikan pada tahun 200an yang lalu.

Dia melanjutkan bahwa banyak penyakit yang menyebabkan mual, diare, dan muntah walaupun itu bukan gejala utamanya. Menurutnya, mengidentifikasi mereka yang mengalami gejala ini cukup penting pada awal tahap wabah pandemi COVID-19.

“Itu akan sangat membantu bagi dokter sehingga mereka setidaknya dapat memperimbangkan bahwa pasien dengan virus corona baru mungkin memiliki gejala muntah atau diare,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro