Anak Sakit/boldsky.com
Health

Kenali Demam Tanpa Termometer

Desyinta Nuraini
Selasa, 31 Maret 2020 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Termometer menjadi salah satu barang yang diserbu banyak orang di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. Alat ini digunakan untuk mengukur suhu tubuh, dalam hal ini demam yang menjadi gejala utama virus corona.

Namun untuk mengukur gejala demam beserta suhu sejatinya bisa dilakukan walaupun tanpa termometer. 

Bagi penderita demam, biasanya mereka mengalami kondisi di mana tubuh terasa sakit atau nyeri juga lemah dan kepala terasa sakit. Nyeri sering menyertai virus seperti flu atau pilek sebagai akibat peradangan dari respons imun tubuh terhadap virus. 

Berikutnya, tubuh akan mengalami suhu panas dingin. Banyak orang demam mengalami menggigil, meskipun suhu tubuhnya tinggi. Ini karena tubuh sedang berusaha menaikkan suhu untuk mengatasi penyebab demam. Orang yang kedinginan karena demam akan tetap merasa panas saat disentuh, dan mereka harus berpakaian berlapis-lapis. 

Saat demam, muncul ruam merah pada pipi. Ini terjadi ketika tubuh membuka pembuluh darah yang meningkatkan aliran darah ke kulit. Penderita juga sering berkeringat dan dehidrasi.

Keringat muncul ketika tubuh tengah mengatur suhu. "Dengan demam tinggi, kita bisa kehilangan sejumlah besar cairan melalui keringat," kata Jordan Haber, MD dilansir dari Insider.com. 

Saat cairan keluar, awasi selalu tanda-tanda dehidrasi, termasuk mulut kering, haus berlebihan, atau kebingungan.

Jika sudah mengalami gejala-gejala umum demam ini, penderita bisa mengukur suhu tubuh sendiri berdasarkan perasaan. "Merasa seperti anda demam adalah cara yang cukup akurat untuk mengetahui," kata David Cutler, MD, Ketua Kelompok Medis Dokter Keluarga Santa Monica.

Ketika mencoba mendiagnosis demam tanpa termometer, orang sering menyentuh dahi mereka. Ini tidak akan bekerja pada karena seluruh tubuh penderita terasa panas. Hal yang paling pas adalah menyuruh orang lain untuk menyentuh dahi yang merasakan demam.

Memang mereka yang merasakan gejala demam tersebut cukup beristirahat di rumah untuk meredakannya. Namun apabila gejala bertambah parah seperti kebingungan yang signifikan atau kesulitan bernapas, mereka harus segera mendapat pertolongan medis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro