Ilustrasi/Thegrindstone
Health

Cara Menghilangkan Galau Menurut Dokter Spesialis Jiwa

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 9 April 2020 - 13:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galau adalah hal lumrah yang dialami setiap orang di muka bumi ini. Galau juga banyak penyebabnya, salah satunya adalah patah hati.

Tentu, rasa galau ini tidak nyaman dan bisa membuat kita tidak fokus untuk melakukan hal apapun. Sebetulnya, apa yang bisa membuat kita tidak lagi merasa galau?

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) galau sendiri artinya adalah pikiran kacau tidak karuan. Dokter Spesialis Kejiwaan Dr Andri mengatakan bahwa galau ini bisa dihilangkan dengan menurunkan ekspektasi juga menerima kenyataan yang sebenarnya terjadi.

“Galau sebenarnya tergantung, galau biasanya terjadi ketika harapan dan kenyataan berbeda. Cara nggak galau adalah menurunkan ekspektasi kita jadi menerima kenyataan sebagaimana apa adanya ini, dan mengerti bahwa ini adalah bagian dari suatu proses yang mudah-mudahan segera berlalu,” ujarnya dalam sesi siaran langsung Instagram @andripsikosomatik, Kamis (9/4/2020).

Dia menambahkan bahwa ketika kita merasa puas dengan kehidupan kita walaupun mungkin berkekurangan bila diukur dengan standar umum, tapi ketika kita merasa berkecukupan ada rasa perasaan puas maka daya stress kita lebih baik daripada orang yang cukup tapi tidak merasa cukup.

Menerima kenyataan memang membutuhkan keberanian yang besar. Penerimaan berarti berhenti untuk menyesali keadaan dan menangisi situasi.

Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh The Alzheimer’s Society pada 2014, pikiran negatif seperti galau yang berkepanjangan, berpikir negatif, stres dan depresi yang dibiarkan dalam waktu yang lama juga membuat risiko demensia semakin besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro