Ilustrasi interior rumah
Relationship

6 Kegiatan di Rumah Saat Physical Distancing ala Dekoruma

Akbar Evandio
Jumat, 10 April 2020 - 11:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan berbasis layanan home & living di Indonesia, Dekoruma menciptakan sebuah gerakan bertajuk #BisaDiRumah untuk melakukan berbagai aktivitas yang produktif dan positif di tengah pandemi Covid-19

PR & Media Relations of Dekoruma, Adrian Renardi Saputra mengatakan bahwa melalui gerakan tersebut, Dekoruma mengajak masyarakat untuk menemukan keseimbangan hidup.

“Kehidupan yang semula penuh dengan hingar bingar di luar rumah, kini kenyataannya berubah oleh karena seluruh kegiatan telah berpusat di rumah masing- masing. Mayoritas masyarakat tengah membiasakan diri melakukan aktivitas produktif di rumah,” jelasnya lewat rilis resmi yang diterima Bisnis, Kamis, (9/4).

Menurutnya, keadaan pandemi ini secara sadar menimbulkan kebiasaan baru bagi masyarakat untuk bekerja sekaligus beraktivitas bersama keluarga secara lebih seimbang.

“Dengan kesadaran bahwa banyak aktivitas yang bisa dilakukan di rumah untuk diri sendiri dan keluarga, masyarakat diharapkan dapat menemukan keseimbangan antara work-life dan personal-life,” tuturnya.

Sementara itu, menurut penelitian yang dipubikasikan Canadian Center of Science and Education, penerapan work-life balance menjadikan seseorang menjadi bahagia, sehat, dan mudah mencapai kesuksesan.

Dia menyebutkan terdapat banyak aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun rumah kita, seperti :

Kegiatan Untuk Diri Sendiri

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah sembari physical distancing adalah memanjakan diri sambil bersantai.

Misalnya, menggunakan sheet mask sambil menonton film favorit atau duduk di taman rumah sambil minum teh atau kopi hangat.

Me-time sangat dianjurkan agar pikiran dan tubuh lebih rileks di tengah wabah Covid-19. Dengan begitu, melakukan pekerjaan dari rumah akan jauh lebih menyenangkan.

Pengembangan Diri

Tubuh dan otak perlu diberi asupan melalui kegiatan yang bisa meningkatkan skill dan produktivitas di kala beraktivitas di rumah. Berolahraga, mengambil kelas online, mendengarkan podcast inspiratif, dan membaca buku merupakan aktivitas yang bisa dilakukan.

Dengan melakukannya secara rutin, tubuh dan otak tetap terbiasa beraktivitas meskipun hanya di rumah saja.

Waktu Untuk Keluarga

Ada banyak aktivitas yang #BisaDiRumah lakukan bersama keluarga. Mulai dari menonton bersama, bermain bersama, bercocok tanam, masak dan makan bersama, hingga sekadar berkumpul untuk berbicara satu sama lain.

Sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh, berjemur di bawah sinar matahari pagi bersama keluarga juga menjadi aktivitas yang baik dilakukan untuk mendapat asupan vitamin D secara alami. Aktivitas-aktivitas ini dapat mempererat tali kasih sayang dan kekompakkan antar anggota keluarga.

Untuk Ruang Rumah

Aktivitas decluttering (memilah barang) bisa dilakukan dengan memilah barang ke dalam tiga kategori, yaitu: disimpan, disumbangkan, dan dijual. Aktivitas ini bertujuan untuk mengurangi dan mengefisiensikan jumlah barang sehingga rumah terasa lebih lapang.

Setelah itu, lanjutkan dengan aktivitas organizing agar rumah kembali tersusun dengan rapi.

Bersihkan Rumah

Rumah tentunya akan terasa lebih nyaman bila dalam keadaan bersih. Proses membersihkan rumah bisa dilakukan secara bertahap mulai dari ruangan paling ujung.

Langkah ini bertujuan agar tidak mengotori ruangan lain yang sudah dibersihkan sebelumnya. Lakukan aktivitas mulai dari menyapu, mengepel, hingga mengangkat debu bersama dengan anggota keluarga agar hasil bisa lebih cepat dan maksimal.

Dengan situasi saat ini, kamu bisa melakukan langkah ekstra seperti menyemprotkan disinfektan pada area yang sering disentuh seperti gagang pintu, saklar lampu dan remote di rumah.

Mendekor Rumah

Setelah rumah rapi dan bersih, kegiatan untuk menata atau mendekorasi ulang rumah adalah aktivitas yang tidak kalah menyenangkan.

Mulai dari menghias salah satu sudut ruangan agar lebih cantik, mencari furnitur baru yang nyaman dan ergonomis hingga mengganti layout interior rumah, Hal tersebut tentunya dapat menunjang segala aktivitas karena aktif dan produktif bisa di rumah saja. Karantina mandiri di rumah bukan berarti harus terjebak dalam kebosanan dan kesepian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro