Pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui penyakit karena kelainan darah./Dok. Kementerian Kesehatan
Health

Perjalanan Mematikan Covid-19 Selama 5 Bulan di Dunia

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 17 April 2020 - 08:11
Bagikan

Kapan Vaksin Ditemukan?

Dikutip dari Nature.com melaporkan bahwa 78 proyek vaksin telah diluncurkan di seluruh dunia - dengan 37 proyek lainnya dalam pengembangan. Di antara proyek yang sedang berjalan adalah program vaksin yang sekarang dalam uji coba fase satu di Oxford University, dua lainnya di perusahaan bioteknologi AS dan tiga lagi di kelompok ilmiah China. Banyak pengembang vaksin lain mengatakan mereka berencana memulai pengujian pada manusia tahun ini.

Respons luar biasa ini menimbulkan harapan bahwa vaksin Covid-19 dapat dikembangkan dalam waktu yang cukup singkat. Namun, vaksin membutuhkan studi keamanan dan kemanjuran skala besar. Ribuan orang akan menerima vaksin itu sendiri atau plasebo untuk menentukan apakah yang pertama efektif mencegah infeksi dari virus yang mereka alami secara alami. Itu, pasti, adalah proses yang panjang.

Akibatnya, beberapa ilmuwan telah mengusulkan cara untuk mempercepat proses - dengan secara sengaja mencari sukarelawan yang diuji terhadap virus untuk menentukan kemanjuran vaksin. "Pendekatan ini bukan tanpa risiko tetapi memiliki potensi untuk mempercepat pengujian calon vaksin dengan berbulan-bulan," kata Nir Eyal, seorang profesor bioetika di Rutgers University.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro