Pasangan suami-istri/Istimewa
Health

Cegah Kehamilan, Ini Cara Dapatkan Kontrasepsi Saat Pandemi

Desyinta Nuraini
Rabu, 22 April 2020 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan alat kontrasepsi sangat penting di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Pasalnya intensitas berduaan antara pasangan suami istri semakin banyak mengingat ada imbauan untuk berdiam diri di rumah.

Memang kehamilan menjadi sebuah anugerah. Namun pada kondisi pandemi saat ini seperti kata Head of Marketing DKT Indonesia Ade Maharani mengutip imbauan WHO bahwa perempuan hamil mengalami imunitas yang rendah dan rentan tertular virus corona. Oleh karena itu dianjurkan agar pada pasutri mengunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan badan.

Namun, pemeriksaan rutin terkait dengan kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana akan sedikit sulit dilakukan pada saat PSBB seperti sekarang. Lantas, bagaimana solusinya agar masyarakat tetap bisa mengakses alat kontrasepsi di tengah wabah corona ini?

Berikut beberapa alternatif yang diberikan oleh DKT Indonesia yang membawahi brand kontrasepsi Andalan, Sutra, Fiesta, dan Supreme :

1. Membeli kondom di apotek atau minimarket

Jika Anda tidak bisa berkunjung ke bidan atau rumah sakit untuk meminta resep pil KB, mengikuti jadwal suntik, pemasangan implan, ataupun pengecekan IUD, tidak perlu khawatir, sebab Anda masih bisa membeli kondom melalui minimarket. Meskipun banyak fasilitas yang tutup, sebagian besar minimarket dan apotek tetap beroperasi selama masa karantina.

2. Membeli kontrasepsi secara online melalui smartphone

Berbagai toko online masih menjual kondom serta pil KB, sehingga Anda bisa memesannya dengan mudah tanpa perlu keluar rumah. Jangan lupa untuk menanyakan ketersediaan stok terlebih dahulu serta memastikan tanggal kadaluwarsa sebelum membeli.

3. Melakukan telemedicine, dengan berkonsultasi secara online terlebih dahulu

Salah satu cara yang mudah untuk dilakukan sebelum memutuskan menggunakan kontrasepsi modern pada masa Covid-19 adalah dengan melakukan konsultasi secara online. DKT Indonesia membuka layanan konsultasi online dengan tenaga Kesehatan bidan dan juga dokter.

4. Memanggil dokter atau bidan ke rumah

Alih-alih mengunjungi rumah sakit atau bidan secara langsung, Anda juga bisa memanggil tenaga medis ke rumah untuk suntik KB. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan meskipun tidak bisa ke mana-mana.

5. Gunakan postpil atau kontrasepsi darurat untuk keadaan mendesak

Apabila sudah terlanjur melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan alat kontrasepsi, Anda bisa menggunakan postpil atau kontrasepsi darurat paling lama 120 jam atau 5 hari setelah melakukan hubungan seksual. Anda bisa mendapatkan Postpil di apotek terdekat dengan menyertakan resep dokter terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro