Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikuti Kompetisi Startup Digital untuk Lawan Covid-19

Strategi memerangi virus corona (Covid-19) bisa dilakukan dengan berbagai cara.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 April 2020  |  20:20 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan KUMPUL, penggerak ekosistem startup digital di Indonesia menginisiasi program Global Online Startup Weekend Covid-19 Indonesia.

Program yang akan berlangsung pada 24 - 26 April 2020 itu juga bekerjasama dengan mitra jaringan coworking space KUMPUL di berbagai daerah yaitu Impala Network (Semarang), Ngalup.co (Malang), MeetUp Coworking (Pekanbaru), CreateIt (Bandung), SatuTampa (Manado), dan StartupBorneo (Banjarmasin).

Program ini merupakan bagian dari inisiasi Global Online Startup Weekend Covid-19 yang diselenggarakan oleh Techstars, sebuah platform investasi dan inovasi global. Saat ini sudah ada lebih dari 60 negara termasuk Indonesia yang bergabung menjalankan program berskala dunia ini.

Faye Alund, Co-founder & CEO KUMPUL, yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Coworking Indonesia mengatakan pihaknya melihat peran pelaku coworking di daerah sangat penting sebagai penggerak komunitas dan ekosistem startup.

"Di minggu terakhir sebelum pendaftaran ditutup, sudah ada lebih dari 1.000 pendaftar dari seluruh Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Bisnis pada Kamis (23/4/2020).

Faye menjelaskan dalam waktu 54 jam, seluruh peserta akan membangun startup pada enam fokus sektor: kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan pihaknya melihat berbagai startup di daerah melakukan inisiatif-inisiatif sosial bersama pemerintah daerah, Kementerian dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam penanganan Covid-19. Tak terkecuali penyediaan alat pelindung diri (APD), pelatihan kerja serta membantu mempermudah akses masyarakat terhadap kebutuhan primer di saat ini.

"Saya percaya, tak hanya mereka, kalian pun akan menjadi penggerak inovasi-inovasi baru bagi Indonesia di masa pandemi ini,” ujarnya.

Proses membangun startup ini akan dibimbing oleh lebih dari 30 pembicara dan mentor dari berbagai bidang, seperti Dayu Dara (CEO & Founder Pinhome), Doddy Lukito (Chief [In-Hospital] Business Officer Halodoc), Ainun Najib (KawalCovid19.id), Ligwina Hananto (Co-founder & CEO QM Financial), Peter Shearer (CEO dan Founder Wahyoo), serta Danang Rizki Ginanjar (Staf Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional).

Adapun, pada hari Minggu, 26 April 2020 akan dilaksanakan Live Pitching yang dapat disaksikan secara virtual melalui platform Youtube Live. Salah satu juri yang akan menilai 10 startup terbaik adalah Achmad Zaky (Co-founder dan ex-CEO Bukalapak).

Menurutnya, startup tidak selalu tentang pendanaan, atau valuasi.

“Pada esensinya, startup hadir sebagai solusi inovatif dari permasalahan yang ada. Saya berharap antusiasme untuk berkontribusi terhadap isu Covid-19 dapat direalisasikan melalui program ini,” katanya demikian.

Program yang turut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Telkomsel, serta Bank DBS melalui platform Digital Banking Digibank akan mencari tiga pemenang untuk mewakili Indonesia pada kompetisi Top 20 Global Winner Startup Weekend.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo kemenkominfo covid-19 StartUp
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top