Lambung dan gangguan maag/stomachpicture.com
Health

Bolehkan Rutin Konsumsi Obat Maag Saat Puasa?

Desyinta Nuraini
Minggu, 26 April 2020 - 13:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para penderita maag menjadi rutin mengonsumsi obat pereda penyakit tersebut saat bulan Ramadhan, terutama ketika sahur. Mereka khawatir maag kambuh ketika tengah menjalankan puasa di siang hari.

Spesialis gizi klinik, dr. Arti Indira mengatakan sah-sah saja untuk mengonsumsi obat maag. Obat maag sendiri ada yang menurunkan produksi asam lambung dan melapisi permukaan lambung.

"Enggak apa-apa dilanjutkan saja, agar bisa tetap melaksanakan puasa," ujarnya saat melakukan siaran langsung di Instagram, beberapa waktu lalu.

Namun memang, katanya ada beberapa pasien penderita maag berat dan apabila berpuasa malah akan memperparah kondisinya. "Ya sebaiknya memang tidak berpuasa dulu," imbuhnya.

Oleh karena itu, bagi penderita maag, perlu diperhatikan pula kondisi tubuhnya masing-masing. Mereka wajib berkonsultasi ke dokter apakah bisa berpuasa atau tidak.

Begitu pula dengan penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit tersebut paling sering dirasakan saat berpuasa.

"Kalau masih ringan boleh berpuasa. Kalau sudah berat, dengan tidak makan malah memperberat kondisi GERD-nya," tukas Indira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro