Pedagang menata kurma dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Beragam Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 28 April 2020 - 06:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kurma tentu menjadi buah yang tak asing lagi di tanah air. Apalagi di bulan ramadan seperti saat ini.

Buah asal Arab Saudi itu banyak dikonsumsi selama ramadan. Selain rasanya manis, ternyata kurma juga memiliki beragam macam manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) dan astringent pada usus yang bermasalah.

Kurma dapat diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.

Satu keyakinan tradisional mengatakan bahwa kurma dapat menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bijinya uga digunakan dalam beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, digunakan untuk mengobati diare dan penyakit kencing genital. Akarnya digunakan melawan sakit gigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pada tikus muda.

Buah Kurma yang masih muda bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan dan pria, karena dalam buah kurma terkandung hormon botosin dan oksitosin. Buah Kurma muda atau buah kurma yang belum matang memiliki rasa manis dan sedikit sepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro