Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puasa Dipercaya Bisa Sembuhkan Gerd

Bahkan kata dr. Kaka Renaldi, dokter spesialis penyakit dalam di RS Islam Jakarta Cempaka Putih, berpuasa bisa menyembuhkan Gerd.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 28 April 2020  |  12:19 WIB
Asam lambung perlu diwaspadai.  -  Bisnis/ nurul hidayat
Asam lambung perlu diwaspadai. - Bisnis/ nurul hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa diyakini bermanfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi para penderita Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd).

Bahkan kata dr. Kaka Renaldi, dokter spesialis penyakit dalam di RS Islam Jakarta Cempaka Putih, berpuasa bisa menyembuhkan Gerd. Hal ini karena saat berpuasa, lambung dan pikiran penderitanya beristirahat. Diketahui, pikiran atau stres menjadi faktor pemicu signifikan naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan karena katup atau cincin esofagus yang sudah longgar.

"Gerd biasa kalau tidak membahayakan, bahkan bisa sembuh dengan berpuasa," ujarnya saat melakukan siaran langsung di Instagram dr. Tompi, kemarin sore.

Anjuran berpuasa ini, selalu diterapkan Kaka kepada pasiennya, sekalipun bukan di bulan Ramadhan. Dia menganjurkan agar pasien berpuasa Senin-Kamis.

Namun dengan catatan, pasien Gerd yang berpuasa tidak menunjukkan tanda atau gejala berbahaya. Seperti pendarahan, muntah darah, buang air besar berdarah atau hitam, pasien dengan gangguan hati, pasien yang juga penderita ginjal serta gagal jantung.

Oleh karena itu, Kaka menyarankan agar pasien dengan Gerd lebih baik melakukan endoskopi untuk mengetahui apakah ada tidaknya tanda-tanda berbahaya di lambungnya.

Sementara itu dia menambahkan, pasien Gerd biasanya tergolong obesistas. Kaka menganjurkan agar mereka menurunkan berat badan dengan diet dan berolahraga. Diet yang dimaksud tidak dilakukan secara berat karena justru meningkatkan produksi asam lambung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa asam lambung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top