Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Jaga Pernapasan Tetap Sehat di Masa Pandemi

Tentu, untuk menyokong sistem pernapasan yang baik, perlu kualitas udara yang baik pula. Sebab kumpulan polusi, debu, dan alergen dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi Covid-19
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  18:59 WIB
Sistem pernapasan - interactive/biology.com
Sistem pernapasan - interactive/biology.com

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatkan kesehatan pernapasan diyakini memberi manfaat positif di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Pernapasan yang baik setidaknya mengurangi keparahan infeksi penyakit ini.

Tentu, untuk menyokong sistem pernapasan yang baik, perlu kualitas udara yang baik pula. Sebab kumpulan polusi, debu, dan alergen dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi Covid-19.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pernapasan dilansir dari Times of India:

1. Mengontrol polusi udara

Sebuah studi menemukan korelasi antara tingkat kematian Covid-19 dan tingkat polusi yang tinggi. Partikel polusi udara dapat bertindak sebagai kendaraan untuk transmisi virus. Para ilmuwan mengatakan bahwa peningkatan kualitas udara dapat memainkan peran penting dalam mengatasi pandemi. 

Aliansi Kesehatan Masyarakat Eropa juga menilai polusi udara dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemampuan orang untuk melawan infeksi. Oleh karena itu penting untuk mengendalikan tingkat polusi udara untuk meminimalkan efek gelombang kedua coronavirus. Untuk melakukannya, kurangi berkendara dengan mobil, hindari membakar daun atau sampah, matikan lampu saat meninggalkan ruangan, serta mendaur ulang kertas, plastik, logam, dan bahan organik.

2. Buat Ventilasi 

Sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga sistem pernapasan. Bukalah jendela rumah untuk memungkinkan partikel virus yang ada di udara keluar dari ruangan. Dengan membuka jendela, oksigen pun masuk ke dalam ruangan. Pembersih udara juga dapat membantu dalam hal ini.

3. Sempatkan ke luar rumah sambil menjaga jarak sosial.

Keluarlah dan hirup udara segar. Balkon, halaman belakang atau teras, adalah lokasi yang baik untuk anda menikmsti udara segar, atau berjalan sambil tetap menjaga jarak dengan orang lain. 

4. Latihan pernapasan dalam

Latihan pernapasan rutin 10-15 menit di pagi hari, diikuti dengan jalan kaki ringan 10 menit diyakini sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh, tentu diikuti dengan gaya hidup sehat. 

Dengan melatih pernapasan dengan benar, setiap tarikan napas, memberi banyak oksigen ke dalam sel. Mempertahankan keseimbangan yang tepat antara oksigen dan karbon dioksida sangat penting agar setiap sel berfungsi optimal. Ini diperlukan untuk kekebalan, kesehatan otak, pencernaan, menjaga keseimbangan pH, kadar hemoglobin, kesehatan hormonal, manajemen stres, serta tekanan darah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sindrom pernapasan timur tengah (mers) Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top