Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Mudah Mengelola Stress

Kehidupan ‘new normal’ ini memicu orang untuk mengalami stres. Stres adalah suatu respon adaptif individu pada berbagai tekanan atau tuntutan eksternal dan menghasilkan berbagai gangguan meliputi fisik, emosional dan perilaku.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 21 Mei 2020  |  16:43 WIB
Salah satu peserta 'Yoga por la paz' atau Perdamaian Melalui Yoga melakukan pemanasan di sela-sela KTT G20 -  Reuters/Andres Martinez Casares
Salah satu peserta 'Yoga por la paz' atau Perdamaian Melalui Yoga melakukan pemanasan di sela-sela KTT G20 - Reuters/Andres Martinez Casares

Bisnis.com, JAKARTA -- Siapa yang tidak pernah mengalami stress?hampir semua orang pernah mengalami hal ini, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Kehidupan ‘new normal’ ini memicu orang untuk mengalami stres. Stres adalah suatu respon adaptif individu pada berbagai tekanan atau tuntutan eksternal dan menghasilkan berbagai gangguan meliputi fisik, emosional dan perilaku.

Yasmin Baidha Instruktur Meditasi The Golden Space Indonesia mengatakan bahwa sejumlah stress diperlukan, namun terlalu banyak dalam waktu cukup lama dapat menyebabkan penyakit fisik maupun mental,

“Bila kita tidak pernah merasakan stress maka kita tidak akan pernah keluar dari zona nyaman, kita karena kita tidak akan pernah belajar, berkembang, bila terus di zona nyaman. Sejumlah konflik di hidup kita itu dibutuhkan supaya berkembang dari ketidaktahuan kita,” ujarnya dalam kelas online mengatasi stress dengan pernafasan di Youtube Runhood Mag, Kamis (21/5/2020).

Hormon stress di tubuh: kortisol, adrenalin, noradrenalin. Terlalu banyak kortisol di tubuh dapat menurunkan serotonin, hormon yang dapat membuat Anda bahagia. Penurunan serotonin ini membuat Anda akan lebih mudah merasakan sakit, juga dapat menimbulkan perilaku agresif dan bisa memicu depresi.

“Maka kita belajar memanage, karena stress ini adalah respon kita terhadap sesuatu yang di luar kendali kita. Dan respon kita ini bisa kita manage. Karena ini internal, milik kita,” tuturnya.

Ia menjabarkan beberapa cara mengatasi stress yang bisa diikuti oleh Anda:

- Fokus pada saat ini (present)

Pusatkan perhatian pada masa kini dan tindakan yang bisa dilakukan, bukan di masa lalu atau masa depan.

-Olah nafas

Nafas cepat, dangkal dan tidak menentu adalah tanda stress. Pernapasan lambat dalam, teratur adalah tanda relaksasi. Pernapasan dalam dan teratur dapat memproduksi hormon serotonin (hormon bahagia).

-Olahraga

Dapat membuat tubuh menjadi rileks karena mengurangi hormon kortisol dan menambah produksi endorfin (runner’s high).

Yasmin mengajarkan beberapa langkah untuk meditasi bagi pemula, yakni dengan duduk dengan nyaman, duduk dengan tegap, luruskan kedua siku, letakkan kedua pergelangan di atas lutut dengan telapak tangan menghadap ke atas, angkat dagu 45 derajat, pejamkan mata dengan rileks, lalu jaga postur Anda.

Meditasi teratur dipastikan memberi beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Teknik melatih fokus dan pikiran ini bisa menurunkan stres, meningkatkan konsentrasi, tekanan darah rendah, dan mengurangi gejala kecemasan hingga depresi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat stres
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top