Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

Vaksin Corona Asal China Diuji Coba ke 100 Orang, Ada Harapan Baru

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 30 Mei 2020 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin virus corona yang dikembangkan di China dinilai aman dan mampu menghasilkan respons kekebalan setelah percobaan awal pada lebih dari 100 orang.

Vaksin, yang disebut Ad5-nCoV, sedang dikembangkan oleh perusahaan China CanSino Biologics, dan merupakan salah satu vaksin coronavirus pertama yang memasuki percobaan manusia awal pada Maret 2020. Sekarang, ada lebih dari 100 vaksin coronavirus yang berbeda dalam pengembangan di seluruh dunia, dengan setidaknya delapan diantaranya dalam proses uji coba pada manusia.

Ad5-nCoV menggunakan versi yang lebih lemah dari virus flu biasa - yang menginfeksi sel-sel manusia tetapi tidak menyebabkan penyakit - untuk mengirimkan potongan materi genetik dari virus yang menyebabkan Covid-19. Materi genetik ini memberikan instruksi untuk membuat "protein lonjakan" di permukaan virus corona.

Idenya adalah bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang akan membuat antibodi terhadap protein lonjakan, yang akan membantu melawan virus corona jika orang tersebut kemudian terinfeksi.

Dikutip dari ECNS, Sabtu (30/5/2020), dalam studi baru, yang diterbitkan pada 22 Mei di jurnal The Lancet, para peneliti menguji Ad5-nCoV pada 108 orang sehat berusia 18 hingga 60 yang tidak memiliki Covid-19. Peserta menerima dosis vaksin rendah, menengah atau tinggi.

Dua minggu setelah divaksin, peserta dalam ketiga kelompok menunjukkan beberapa tingkat tanggapan kekebalan terhadap virus. Pada hari ke-28, hampir semua peserta telah mengembangkan antibodi virus corona (tetapi tidak harus menyerang virus). Kelompok dosis tersebut mengembangkan "antibodi penawar" yang mengikat dan menonaktifkan virus untuk mencegahnya menginfeksi sel.

Efek samping yang paling umum adalah nyeri ringan di tempat suntikan, demam ringan, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri otot, kata studi itu.

Namun, sembilan peserta (dua dalam kelompok dosis rendah, dua pada kelompok dosis menengah dan lima pada kelompok dosis tinggi) mengalami demam lebih dari 38,5 derajat celcius, dan satu peserta dalam kelompok dosis tinggi mengembangkan demam tinggi bersama dengan kelelahan, sesak napas dan nyeri otot. Namun efek ini berlangsung tidak lebih dari 48 jam.

Sementara itu, The New York Times menilai bahwa peserta menyadari dosis yang mereka terima, mungkin mempengaruhi persepsi mereka tentang efek samping. "Hasil ini merupakan tonggak penting," kata penulis senior studi Wei Wei dari Institut Bioteknologi Beijing di Beijing dalam sebuah pernyataan.

"Namun, hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati. Tantangan dalam pengembangan vaksin Covid-19 belum pernah terjadi sebelumnya, dan kemampuan untuk memicu respons kekebalan ini tidak selalu menunjukkan bahwa vaksin akan melindungi manusia dari Covid-19."

Para peneliti sekarang telah memulai studi tahap 2 yang lebih besar dari vaksin yang melibatkan 500 peserta yang akan diberikan dosis rendah atau menengah vaksin, atau plasebo. Studi ini juga akan mencakup peserta berusia di atas 60 tahun, dan akan melihat efek samping hingga enam bulan setelah vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro