Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Arti di Balik Nama Tuan Tigabelas

Tuan Tigabelas lahir pada 13 Oktober. Dia memilih nama Tuan Tigabelas untuk nama panggungnya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  17:51 WIB
Tuan Tigabelas. - istimewa
Tuan Tigabelas. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Industri musik tanah air, khususnya aliran music hip-hop tentu sudah tidak asing dengan musisi bernama Tuan Tigabelas. Rapper yang kini tengah naik daun dalam dunia permusikan Indonesia ini telah memulai karir bermusiknya sejak masih kuliah pada tahun 2007.

Perjalanan musik Tuan Tigabelas berlanjut pada 2009 ketika itu, dia mulai menulis lagu-lagunya sendiri. Hingga akhirnya pada 2011, pria bernama asli Upi ini ingin menantang dirinya sendiri, dia pun lantas membentuk band hip-hop pertamanya dengan nama “Rebel Education Project (REP)”.

Di situ dia menjadi pemain utama atau vokalis band. Melalui band itu pula ia merilis album pertamanya yang berjudul Letter To pada tahun 2014. Setelah dua tahun berkarir dengan band, dia kemudian memulai karier solo pada 2012.

Tak mudah baginya untuk memulai level musik baru. Namun dari situlah dua memulai titik baliknya dan membuat nama panggung baru – Tuan Tigabelas.

“Tidak ada filosofi rumit di balik nama itu. Tuan artinya laki-laki dewasa, dan saya lahir pada 13 Oktober. Jadi, saya memilih Tuan Tigabelas untuk nama panggung saya dan saya pikir itu cukup menarik,” tuturnya.

Undangan untuk manggung mulai berdatangan dan membuatnya bersemangat untuk menciptakan lagu-lagu lainnya. Sampai akhirnya, dia menciptakan album solo pertamanya bertajuk Harimau Soematra yang telah rilis pada Juli 2019 lalu.

Tak dinyana, album yang berisi banyak kritik sosial ini terbilang sukses dan cukup disukai oleh pendengar masuk Tanah Air hingga membuat namanya semakin melambung. Kesuksesannya tersebut ternyata berhasil dilirik salah satu dari merek teknologi di Indonesia mendatanginnya, menantangnya untuk menciptakan sesuatu yang berbeda.

“Saya lantas diundang oleh realme membuat karya lagu untuk memperkenalkan salah satu seri baru mereka, realme Narzo. Salah satu alasan realme berkolaborasi dengan saya adalah karena seri baru mereka memiliki kinerja tinggi di kelasnya, seperti musik rap dan hip-hop yang perlu memiliki kinerja yang baik saat bernyanyi,” tuturnya.

Undangan tersebut dianggapnya sebagai sebuah tantangan tersendiri karena saya tak pernah membuat lagu bertema teknologi dengan semangat anak muda sebelumnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

artis xiaomi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top