Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan Saat Pakai Tabir Surya

Dr. Heather Woolery-Lloyd, direktur Divisi Warna Kulit untuk Departemen Dermatologi Universitas Miami, menjabarkan berikut area yang perlu dipakaikan tabir surya
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  09:08 WIB
Ilustrasi - Dailyworth
Ilustrasi - Dailyworth

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan tabir surya setiap hari sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun terkadang saat menggunakannya ada bagian yang terlupakan.

Melansir Insider, Kamis (9/7/2020), Dr. Caren Campbell, seorang dokter kulit yang berbasis di San Francisco, dan Dr. Heather Woolery-Lloyd, direktur Divisi Warna Kulit untuk Departemen Dermatologi Universitas Miami, menjabarkan berikut area yang perlu dipakaikan tabir surya.

1. Sisi wajah

Menurut Campbell, sisi-sisi wajah umumnya diabaikan dan salah satu area yang paling mungkin untuk munculnya kanker kulit. Sisi samping dahi, tulang rahang, dan garis rambut sering dilupakan saat mengoleskan tabir surya ke wajah. 

"Pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya pada wajah dari luar untuk memastikan Anda tidak melewatkan titik-titik ini," kata Campbell. 

Campbell mengatakan dia menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya yang setidaknya memiliki SPF 30 dan spektrum luas, yang berarti melindungi terhadap sinar UVA dan UVB.

2. Telinga

Jangan lupa telingamu, kata Campbell. Oleskan tabir surya dari luar. Bahkan jika menutupi wajah dengan topi baseball, telinga tetap rentan, dan harus selalu dilindungi dengan lotion, yang kemudian harus diterapkan kembali sepanjang hari. Pastikan untuk menutupi bagian atas telinga, bagian belakang, dan area di sekitar telinga. 

3. Bibir

Menurut Campbell, bersama dengan pelipis dan telinga, bibir adalah tempat ketiga yang paling mungkin untuk terkena kanker kulit. Untuk melindungi bibir, Campbell merekomendasikan mencari lip balm yang mengandung SPF. 

4. Samping dan belakang leher

Bagian samping dan belakang leher juga biasanya dilupakan, namun sering terkena sinar matahari, termasuk saat mengemudi. Bahkan jika Anda sedang mengemudi, tengkuk dan sisi leher biasanya terkena sinar matahari. 

5. Rambut dan kulit kepala

Anda harus memberi perhatian ekstra pada kulit kepala dan rambut, termasuk rambut yang mulai menipis. Anda dapat melindungi bagian atas kepala dengan semprotan tabir surya atau topi. Menurut Yayasan Kanker Kulit, mengenakan topi adalah cara terbaik untuk melindungi kepala Anda dari sinar UV. 

Campbell bahkan merekomendasikan menggunakan topi SPF. Sebagai alternatif, Anda harus menyemprotkan bagian atas kepala atau kulit kepala dengan tabir surya tepercaya dan menerapkan kembali secara konsisten sepanjang hari.

6. Punggung tangan

Saat menggosokkan tabir surya, jangan lupa oleskan ke bagian atas tangan. Ketika kulit terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, Anda mulai kehilangan kolagen dan elastisitas, menurut Arsenault Dermatology. Ini bisa terlihat jelas pada bagian atas tangan Anda, yang dapat diabaikan ketika menggunakan tabir surya. 

Yang terbaik adalah membuat kebiasaan menerapkan tabir surya secara konsisten ke tangan, tetapi mengenakan kemeja olahraga dengan lubang jempol adalah cara mudah lainnya untuk menjaga tangan tetap terlindung. 

7. Punggung kaki

Selama memakai sandal, bagian atas kaki juga sangat terbuka dan sering dilupakan. Tidak ada yang menginginkan luka bakar dan menyakitkan di bagian atas kaki. Campbell merekomendasikan penggunaan tabir surya yang setidaknya memiliki SPF 30 dan spektrum luas. Meskipun sulit dijangkau, punggung kaki tidak boleh dilewati saat menggunakan tabir surya. 

"Tidak jarang melewatkan titik acak di punggung jika seseorang tidak membantu mengaplikasikan tabir surya," kata Dr. Heather Woolery-Lloyd kepada Insider. 

8. Punggung 

Namun, bahkan jika Anda berada di bawah sinar matahari sendirian, ada cara untuk memastikan punggung terlindungi dengan baik dari matahari. HuffPost menyarankan untuk menambahkan sedikit tabir surya ke selembar bungkus plastik panjang, lalu gosok lembar itu di punggung Anda, meniru gerakan pengeringan dengan handuk. 

Jika menerapkan tabir surya untuk diri sendiri gagal, Campbell mengatakan menggunakan penghalang fisik, seperti payung, atau pakaian SPF akan membuat Anda tetap aman.

9. Ketiak

Ketiak terutama berkeringat di musim panas sehingga tabir surya harus digunakan kembali ke area ini sepanjang hari. Jika Anda khawatir meninggalkan residu kapur dan putih dengan tabir surya, Woolery-Lloyd dan Campbell menyarankan untuk menggunakan tabir surya berwarna, atau tabir surya kimia. 

Mereka berdua juga menekankan bahwa tidak peduli warna kulit Anda, semua orang perlu memakai tabir surya, dan kanker kulit dapat berkembang pada semua jenis kulit atau warna kulit. 

10. Kelopak mata

Jika Anda tertidur di pantai tanpa kacamata pelindung, kelopak mata bisa terbakar parah dan membuat Anda sangat kesakitan. Kelopak mata harus selalu dilindungi dengan tabir surya dan kacamata hitam. 

"Tabir surya fisik yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida memberikan perlindungan yang sangat baik dan bermanfaat bagi orang dengan kulit sensitif," kata Woolery-Lloyd. 

Tetapi apa pun jenis kulit Anda, Campbell menekankan bahwa tabir surya adalah "investasi anti penuaan terbaik" yang dapat dilakukan seseorang. "Tidak ada yang sepadan dengan waktu dan biaya di kemudian hari untuk mencegah semua kerusakan yang telah Anda lakukan," sebutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit matahari
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top