Ilustrasi penderita gangguan tidur (sleep anea)./Istimewa
Health

4 Cara Atasi Gangguan Tidur

Desyinta Nuraini
Kamis, 16 Juli 2020 - 11:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, sekitar 20 persen populasi di seluruh dunia menghadapi masalah tidur seperti insomnia, kurang tidur, atau masalah tidur pendek. Terlalu banyak pikiran seperti krisis keuangan atau masalah dalam hubungan bisa menjadi salah satu penyebabnya, namun olahraga bisa menjadi solusinya.

Melansir Boldsky, Kamis (16/7/2020), berolahraga memiliki banyak dampak baik pada kebiasaan tidur. Tidak hanya membantu penurunan berat badan, berolahraga juga mengatur ritme sirkadian yang mengatur siklus tidur-bangun dan membantu tidur lebih nyenyak.

Berikut jenis olahraga yang dapat membantu tidur lebih baik atau mendapatkan kualitas tidur:

1. Aerobik

Aerobik, juga dikenal sebagai latihan kardio adalah aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung. Termasuk berlari, berjalan, berenang atau bersepeda. Latihan aerobik meningkatkan suhu tubuh.

Setelah 30-90 menit, tubuh mulai mendingin sendiri dan penurunan suhu tubuh ini menandakan tubuh bahwa waktunya tidur, sehingga mengantuk.

2. Latihan pernapasan

Dalam Latihan pernapasan dalam (DBE) memperlambat detak jantung dan menormalkan irama pernapasan. Ini juga membantu menurunkan stres dan ketegangan. DBE menutup gangguan dan membantu seseorang fokus pada pernapasan.

Ini menenangkan dan merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga membantu tidur lebih cepat. Disarankan untuk melakukan DBE selama 10-15 menit, setidaknya dua jam sebelum tidur.

3. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan seperti crunch, leg press, dan leg curls juga bisa menjadi latihan yang bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan kekuatan setiap hari di pagi hari membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

Latihan-latihan ini membantu meningkatkan kekuatan otot. Penguatan otot membantu kita mengatasi beban kerja sehari-hari dengan lebih baik. Ini juga membantu dalam stimulasi beberapa hormon yang membantu perbaikan tidur.

4. Yoga

Masalah tidur sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoga harian membantu meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi waktu tidur di malam hari, mengurangi gangguan tidur dan juga dengan membantu seseorang bangun dengan bersemangat di pagi hari.

Kendati demikian perlu diingat, latihan-latihan tersebut baiknya dilakukan dua jam sebelum tidur atau melakukannya pada pagi hari. Hindari merokok, konsumsi alkohol, minum kopi, teh setidaknya 4-6 jam sebelum tidur, hindari mengonsumsi makanan berat, makanan pedas, tidur dengan lampu menyala. Hindari pula tidur di suhu yang terlalu panas atau dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro