Kebun Raya Bogor/Istimewa
Travel

LIPI Buka Kebun Raya Bogor dan Cibodas

Yudi Supriyanto
Kamis, 16 Juli 2020 - 13:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah membuka 2 kebun raya di masa kenormalan baru, yakni Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas.

Sementara 2 kebon raya lainnya yang berada di bawah LIPI, yakni Kebun Raya di Purwodadi, Jawa Timur, Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Bali sedang dalam proses.

R Hendrian, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengungkapkan proses pembukaan kebun raya tidaklah sederhana. "Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui," katanya, Kamis (16/7/2020).

Dia menjelaskan, tahap pertama adalah penyusunan protokol kesehatan. Kemudian, pemaparan di depan kepala LIPI.

Setelah itu, penyempurnaan protokol. Setelah disempurnakan, protokol tersebut dipaparkan di depan walikota atau bupati. Langkah selanjutnya adalah sosialisasi dan internalisasi. Kemudian, terdapat penyiapan sumber daya manusia, sistem, dan fasilitas pendukung.

Lalu, dilakukan sosialisasi publik, simulasi, stres test, dan penyempurnaan, dan pembukaan. Setelah dibuka, kebun raya akan dimonitoring dan evaluasi berkelanjutan.

Di sisi lain, pandemi virus corona juga bakal mengubah perilaku masyarakat yang berkunjung ke Kebun Raya. Dia mengungkapkan pihaknya menginginkan masyarakat yang berkunjung ke kebun raya sadar bahwa kebun raya merupakan sarana wisata edukasi.

"Ini jadi momentum bagi kami untuk bisa meningkatkan kesadaran masyarakat," katanya dalam pertemuan virtual pada Kamis (16/7/2020).

Tidak hanya itu, dirinya juga berharap masyarakat yang berkunjung ke kebun raya dapat teredukasi memakai sarana digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro