Warga berolahraga di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Fashion

Mau Nge-Gym? Ini Tips Adaptasi Kebiasaan Baru Berolahraga

Newswire
Sabtu, 18 Juli 2020 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat perlu waspada saat berolahraga di pusat kebugaran atau gym saat adaptasi kebiasaan baru (new normal).

Dokter spesialis olahraga Anita Suryani mengimbau masyarakat membawa peralatan sendiri ketika berolahraga di gym.

"Meski sebenarnya beraktivitas di rumah tetap menjadi pilihan terbaik menghindari COVID-19. Pusat kebugaran, tempat olahraga publik itu adalah tempat yang berisiko tinggi. Apalagi, olahraga ini adalah aerosol generating procedures (AGPs)," katanya dalam diskusi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diadakan di Graha BNPB, Sabtu (18/7/2020).

AGPs adalah aktivitas yang dapat menimbulkan aerosol, padahal aerosol dapat membuat droplet, media penularan Covid-19, semakin kecil dan bertahan lebih lama di udara yang membuat risiko penularan virus corona meningkat.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan agar masyarakat melakukan latihan fisik atau olahraga di rumah masing-masing.

Hanya saja, lanjutnya, ada faktor ekonomi dan sosial yang menjadi pertimbangan dalam melakukan olahraga di pusat kebugaran.

Dia pun memberikan beberapa tips saat berolahraga di gym, seperti membawa peralatan sendiri seperti handuk dan botol air dan membersihkan dengan disinfektan alat olahraga yang digunakan oleh banyak orang.

Di sisi lain, pengelola gym diharapkan mengatur mengenai kewajiban membersihkan peralatan itu oleh pengguna, selain tentu saja disinfeksi berkala oleh pengelola. Protokol kesehatan juga diharapkan tetap diterapkan dalam aktivitas di pusat kebugaran.

"Yang perlu diingat lagi adalah urusan masker. Saat intensitas tinggi maskernya dicopot," kata Anita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro