Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Tips Membuat Anak Mau Makan Sayur

Ada beberapa tips membuat Anak anda sukses makan sayur dengan lahap, berikut tipsnya:
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  15:48 WIB
Ilustrasi - Femside
Ilustrasi - Femside

Bisnis.com, JAKARTA -- Membuat anak-anak makan lebih banyak sayuran tidak harus bertengkar. Anda dapat mencoba banyak cara kreatif untuk memperkenalkan dan melayani mereka.

Dikutip dari webmd.com, Rabu (22/7/2020), ada beberapa tips membuat Anak anda sukses makan sayur dengan lahap, berikut tipsnya:

1. Biarkan mereka memilih sayuran.

Biarkan mereka mencuci, mengupas, dan mengirisnya dan membantu memilih cara memasak dan membumbui itu. Anak-anak akan lebih mungkin memakan apa yang mereka bantu buat.

2. Tambahkan sayuran ke dalam makanan kesukaan mereka

Beberapa anak tidak suka mencampur makanan tetapi beberapa akan bersedia untuk bereksperimen. Siapkan mangkuk sayuran dan biarkan mereka mencampurnya dengan makanan kesukaan mereka.

3. Hiasi sayuran mereka

Bentuk sayuran mereka menjadi sesuatu yang lucu. Membuat makanan berukuran mini juga bisa membuatnya lebih ramah anak.

4.Jangan Memaksa

Ketika Anda frustrasi bahwa anak Anda tidak akan mencoba sayuran, tergoda untuk menjadi marah atau memaksanya untuk membersihkan piringnya. Tapi tahan dorongan itu. Memaksa anak makan sesuatu dapat menyebabkan mereka menghindarinya nanti, bahkan saat dewasa. Jika dia mendorong piringnya, jangan bereaksi. Tapi jangan menyerah, terus berikan mereka sayuran.

5.Jangan paksa beri makanan yang tidak disukainya

Minta dia untuk mencoba satu sayuran baru. Jadikan porsi pertama kecil. Pastikan juga Anda menyajikan makanan lainnya yang sudah ia sukai.

6.Coba Terus

Jika Anda telah menawarkan brokoli atau bayam kepada anak Anda beberapa kali dan dia membuat wajah penolakan, jangan menyerah. Selera anak-anak berubah saat mereka tumbuh. Mereka mungkin harus mencoba makanan baru selusin kali sebelum mereka menyukainya.

7. Ajak Temannya

Apakah anak Anda punya teman yang suka makan petualang? Undang dia untuk makan malam dan sajikan beberapa sayuran baru. Tekanan teman dapat bekerja dengan cara yang baik, dan anak Anda mungkin akan mencoba hidangan baru jika temannya cukup berani untuk mencobanya terlebih dahulu.

8. Panggang Sayuran

Terkadang anak-anak tidak menyukai sayuran karena terlalu lembek atau rasanya terlalu kuat. Cobalah memanggangnya untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang disukai anak-anak. Mereka akan lunak di dalam dan renyah di luar - seperti kentang goreng. Ini juga memunculkan rasa manis alami pada sayuran sehingga rasanya tidak sedalam saat mentah. 

9. Taruh Sayur di Rumah

Jika sayuran berada dalam jangkauan, anak Anda akan cenderung memakannya saat dia lapar. Potong wortel, brokoli, dan paprika dan pastikan mereka duduk saat Anda membuat makan malam. Jika dia meminta camilan sebelum makan malam, jadikan itu satu-satunya pilihan. Selalu sediakan sayuran yang bersih dan potongan-potongan di bagian depan kulkas agar mudah dilihat saat anak Anda mencari makanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayuran parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top