Iflix/InterAksyon
Entertainment

Iflix Disebut Punya Utang Rp9 Miliar ke Visinema

Akbar Evandio
Minggu, 2 Agustus 2020 - 10:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan penyedia layanan video berbasis permintaan (video on demand/VOD) Iflix diklaim memiliki utang hingga Rp9 miliar kepada Visinema Pictures asal Indonesia.

Utang tersebut berupa pembayaran lisensi atas produk yang diproduksi oleh Visinema.  Angga Dwimas Sasongko, CEO dari Visinema Pictures mengatakan, hal itu membuat perusahaannya melayangkan somasi kepada Iflix.

Somasi tersebut merupakan yang kedua kalinya dilayangkan oleh Visinema kepada Iflix

“Kami cukup menyayangkan hal ini dilakukan oleh pihak Iflix. Kerugian bukan saja terjadi pada Visinema Pictures, tetapi juga investor yang punya hubungan baik dengan Visinema. Untuk itu melalui somasi ini kami masih menunggu iktikad baik dari Iflix,” ungkapnya melalui siaran persnya, Sabtu, (1/8/2020).

Dia menjelaskan bahwa sepanjang awal tahun 2020, Visinema masih terus mencari cara untuk mendapatkan kejelasan dari pihak Iflix.

Adapun, pada 24 Juni 2020 rilis berita bahwa Iflix telah dibeli oleh Tencent, sebuah perusahaan asal China. Dia menyatakan bahwa tetap tidak ada kejelasan dari Iflix mengenai utang pembayarannya terhadap Visinema.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa pihaknya akhirnya memutuskan untuk melayangkan surat peringatan pertama pada 24 Juni 2020 yang tetap tidak dihiraukan oleh pihak Iflix.

Sebelumnya, mantan Co-founder dan CEO Iflix, Mark Britt sempat meminta waktu 48 jam untuk menyelesaikan masalah ini dengan CEO Visinema Pictures setelah Visinema melayangkan somasi digital pertama pada 7 Juli 2020.

Mark menawarkan sebuah skema untuk menyelesaikan masalah ini dan Visinema masih membuka diri untuk berdialog menyelesaikan masalah.

Namun hingga pada hari ini, 1 Agustus 2020 tetap tidak ada tindak lanjut yang konkret. Undangan dialog oleh kuasa hukum pun tidak dihiraukan. Maka dari itu, Angga menyebutkan bahwa Visinema Pictures melayangkan surat somasi kedua secara terbuka kepada Iflix.

Adapun sebelumnya, pada medi Juni 2020, Iflix dikabarkan tengah dalam proses pembicaraan untuk dijual ke pihak lain. Perusahaan asal China disebut-sebut tertarik mengakuisisi Iflix.

Aksi korporasi itu dilakukan sebagai solusi bagi Iflix untuk menghindari krisis keuangan akibat tekanan utang yang dimilikinya.

Berdasarkan laporan dari Nikkei Asian Review, sejumlah sumber internal Iflix menyebutkan, kesepakatan penjualan Iflix akan diumumkan pada akhir Juni lalu. Dalam hal ini, terdaapt salah satu perusahaan asal China yakni Tencent menjadi calon pembeli potensial.

Akan tetapi hingga saat ini kabar aksi korporasi tersebut tak kunjung terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro