Rambut beruban/Istimewa
Fashion

Rambut Beruban di Usia Dini? Ini Cara Pencegahannya

Desyinta Nuraini
Selasa, 4 Agustus 2020 - 11:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Uban kerap kali muncul seiring pertambahan usia dari dewasa menuju lansia. Namun saat ini, tak sedikit remaja yang memiliki uban karena berbagai faktor.

Peggy Goh, Trichologist Utama di DRx Medispa mengatakan gen menyumbang sekitar 30 persen rambut yang mulai memutih, dengan 70 persen sisanya disebabkan oleh faktor lain seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres oksidatif, kondisi medis, defisiensi nutrisi serta produk dan layanan yang menggunakan bahan kimia berbahaya.

Lantas apakah remaja bisa mengembalikan proses alami rambut mereka tanpa pewarna? Para ahli mengatakan itu mungkin, mereka menekankan bahwa ini sangat tergantung pada berbagai faktor.

Menjaga gaya hidup sehat dan menurunkan tingkat stres dapat meminimalisir tumbuhnya uban. Goh menyatakan bahwa salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap uban prematur adalah stres oksidatif yang dapat terjadi ketika ada ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

"Stres oksidatif yang tidak terkendali dapat mempercepat proses penuaan dan dapat berkontribusi pada pengembangan beberapa kondisi, uban prematur adalah barometer umum untuk kesejahteraan secara keseluruhan," katanya dilansir dari Channel News Asia, Selasa (4/3/2020).

Oleh karena itu Goh menyarankan agar istirahat yang cukup untuk memberi energi kembali dan dapat membantu mengurangi stres. "Mengelola dan mengadopsi gaya hidup yang mengurangi stres oksidatif memainkan peran kunci," jelasnya.

Diet juga memainkan peran penting. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan seng seperti ikan, biji-bijian serta sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan brokoli, dapat membantu membalikkan proses hilangnya pigmen rambut.

Semua tergantung pada diri sendiri. "Sekali seseorang kehilangan semua melanositnya, mereka tidak akan dapat memproduksi melanin dan oleh karena itu rambut abu-abu mereka tidak dapat dibatalkan," kata Lisa Tan, Managing Director (Singapura) dari Ales Group, yang memiliki merek perawatan rambut Phyto.

Berikut tipe untuk mengembalikan warna rambut alami :

1. Diet sehat
 
“Diet kaya antioksidan bisa mengurangi stres oksidatif. Misalnya, makanan laut, telur, dan daging adalah sumber vitamin B-12 yang baik, dan susu, salmon, dan keju adalah sumber vitamin D yang sangat baik," kata Tan.

Mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan juga dapat membantu mencegah rambut beruban. Goh menyarankan menghindari gula olahan dan olahan. "Konsumsilah seluruh makanan di mana dan kapan saja, dan makanan yang bebas dari pestisida, herbisida, dan fungisida," tambahnya.

2. Olahraga teratur

Olahraga yang konsisten dapat membantu mencegah penuaan dengan menjaga sirkulasi darah Anda berjalan dan memastikan bahwa fungsi tubuh Anda sehat.

3. Istirahat cukup

Tidur nyenyak yang cukup serta meluangkan waktu untuk bersantai akan membantu tubuh Anda meremajakan dan berkontribusi pada kesehatan rambut.

4. Pakai perawatan rambut

Goh menyarankan menggunakan produk perawatan rambut yang bebas dari bahan-bahan keras seperti paraben, sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laureth sulfate (SLES), dan juga untuk menghindari pencucian rambut yang berlebihan.

“Perhatikan produk yang Anda gunakan untuk mencuci, mewarnai, dan menata rambut Anda. Sampo yang pemutihan dan keras dapat menyebabkan kerusakan dan rambut putih dini, ”kata Tan.

5. Berhenti merokok

"Merokok memiliki efek buruk pada tubuh dan berkontribusi pada rambut putih," kata Tan. Hentikan itu karena perokok diketahui memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan rambut beruban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro