Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif./Euronews
Health

7 Kandidat Vaksin Covid-19 yang Paling Menjanjikan di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Agustus 2020 - 17:09
Bagikan

CanSino Biologics dan Institut Bioteknologi Beijing

CanSino Biologics, bekerja sama dengan Institut Bioteknologi Beijing, mengembangkan kandidat vaksin menggunakan adenovirus yang dilemahkan. Berbeda dengan vaksin Oxford, yang mengandalkan adenovirus yang menginfeksi simpanse, CanSino Biologics menggunakan adenovirus yang menginfeksi manusia.

Bersama Moderna, grup ini juga menerbitkan hasil uji coba fase 2 mereka pada 20 Juli di jurnal The Lancet. Uji coba, yang dilakukan di Wuhan (tempat kasus virus korona pertama muncul), melibatkan 508 peserta yang secara acak ditugaskan untuk menerima salah satu dari dua dosis vaksin yang berbeda atau plasebo. Studi ini juga tidak menemukan efek samping yang serius, meskipun beberapa melaporkan reaksi ringan atau sedang termasuk demam, kelelahan dan nyeri tempat suntikan.

Sekitar 90% dari peserta mengembangkan tanggapan sel-T dan sekitar 85% mengembangkan antibodi penawar, menurut penelitian. "Hasil dari kedua studi ini menyambut baik uji coba fase 3, di mana vaksin harus diuji pada populasi peserta yang jauh lebih besar untuk menilai kemanjuran dan keamanannya," Naor Bar-Zeev dan William J Moss, keduanya bagian dari Vaksin Internasional John Hopkins Access Center, menulis dalam komentar yang menyertai di The Lancet mengacu pada studi ini dan studi vaksin Oxford yang diterbitkan dalam jurnal yang sama.

"Secara keseluruhan, hasil dari kedua uji coba secara umum serupa dan menjanjikan." Mereka sekarang ingin melakukan uji coba fase 3 di luar China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro