Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bagaimana Cara Mengonsumsi Air yang Aman Saat Musim Hujan?

Selama musim hujan, penyebaran penyakit bisa datang dari air. Merebus air akan membuat minuman Anda bebas dari patogen.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  06:59 WIB
Air putih - boldsky.com
Air putih - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gerimis yang datang sekali-sekali bisa menimbulkan kekhawatiran terkait cara mengonsumsi air putih yang aman.

Sebab, saat musim hujan tiba, risiko penyakit menular melalui air meningkat dan hal pertama yang menghantui pikiran kita adalah memastikan bahwa air yang kita konsumsi benar-benar aman?

Seperti dikutip dari Times of India, Senin (31/8/2020), ada beberapa cara untuk memastikan air yang dikonsumsi tetap aman untuk diminum"

1. Gunakanlah filter, pemurni, atau teknologi terbaik seperti RO

Anda akan terkejut mengetahui bahwa sebagian besar penyakit yang ditularkan melalui air selama musim ini terjadi dari air. Proses penyaringan yang baik juga bisa menghentikan penularan penyakit.

2. Tingkat pencemaran air juga tergantung pada sumber air serta wilayahnya.

Sangat penting untuk memeriksa kejernihan pasokan air di rumah dan sumber air Anda. Anda juga bisa memasak air yang berasal dari galon, untuk memastikan keamanan.

3. Pastikan air tidak keruh

Untuk memeriksa kekeruhan air maka simpan air dalam gelas bening dan biarkan mengendap, jika masih terlihat keruh maka airnya harus direbus atau diolah sebelum dikonsumsi.

4. Air dari ledeng bisa dikonsumsi

Selalu ada kemungkinan kontaminasi air, tidak peduli seberapa bagus filter atau penjernih air Anda! Faktanya, cara terbaik untuk memastikan bahwa air persediaan Anda aman untuk diminum adalah dengan merebus air sampai 100 derajat celcius atau sampai titik didihnya.

Merebus air akan membuat minuman Anda bebas dari patogen. Terlebih lagi, air matang menghancurkan sebagian besar mikroorganisme seperti bakteri, virus, protozoa, dll.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minuman konsumsi air putih
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top