Air putih/boldsky.com
Health

Bagaimana Cara Mengonsumsi Air yang Aman Saat Musim Hujan?

Novita Sari Simamora
Senin, 31 Agustus 2020 - 06:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gerimis yang datang sekali-sekali bisa menimbulkan kekhawatiran terkait cara mengonsumsi air putih yang aman.

Sebab, saat musim hujan tiba, risiko penyakit menular melalui air meningkat dan hal pertama yang menghantui pikiran kita adalah memastikan bahwa air yang kita konsumsi benar-benar aman?

Seperti dikutip dari Times of India, Senin (31/8/2020), ada beberapa cara untuk memastikan air yang dikonsumsi tetap aman untuk diminum"

1. Gunakanlah filter, pemurni, atau teknologi terbaik seperti RO

Anda akan terkejut mengetahui bahwa sebagian besar penyakit yang ditularkan melalui air selama musim ini terjadi dari air. Proses penyaringan yang baik juga bisa menghentikan penularan penyakit.

2. Tingkat pencemaran air juga tergantung pada sumber air serta wilayahnya.

Sangat penting untuk memeriksa kejernihan pasokan air di rumah dan sumber air Anda. Anda juga bisa memasak air yang berasal dari galon, untuk memastikan keamanan.

3. Pastikan air tidak keruh

Untuk memeriksa kekeruhan air maka simpan air dalam gelas bening dan biarkan mengendap, jika masih terlihat keruh maka airnya harus direbus atau diolah sebelum dikonsumsi.

4. Air dari ledeng bisa dikonsumsi

Selalu ada kemungkinan kontaminasi air, tidak peduli seberapa bagus filter atau penjernih air Anda! Faktanya, cara terbaik untuk memastikan bahwa air persediaan Anda aman untuk diminum adalah dengan merebus air sampai 100 derajat celcius atau sampai titik didihnya.

Merebus air akan membuat minuman Anda bebas dari patogen. Terlebih lagi, air matang menghancurkan sebagian besar mikroorganisme seperti bakteri, virus, protozoa, dll.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro