Albino terjadi karena perubahan gen./albinism.ohchr.org
Health

Ini Penyebab Albino pada Tubuh Manusia

Novita Sari Simamora
Jumat, 4 September 2020 - 08:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akhir-akhir ini, dunia maya sedang dihebohkan akan kelahiran anak kembar albino di Wonogiri.

Perbedaan warna kulit albino dari kulit orang Indonesia pada umumnya, menjadikan albino menjadi menjadi unik. Albino disebut juga albinisme yang disebabkan oleh kekurangan atau ketiadaan melanin di dalam tubuh.

Mengutip dari Alodokter, penderita albinisme bisa dikenali dari warna rambut dan kulitnya yang terlihat putih atau pucat. Di Indonesia, orang berkulit albino sering disebut bule.

Melanin adalah pigmen yang dihasilkan tubuh untuk menentukan warna kulit, rambut, dan iris (selaput pelangi) mata. Melanin juga berperan dalam perkembangan saraf optik yang memengaruhi fungsi penglihatan.

Kekurangan melanin dapat menyebabkan kelainan warna rambut, kulit, dan iris mata, serta mengganggu penglihatan

Albino tergolong jarang terjadi. Berdasarkan penelitian, albinisme terjadi pada 1 dari 20.000 kelahiran. Di Indonesia, albinisme lebih dikenal dengan sebutan albino.

Adapun penyebab albino karena  perubahan atau mutasi pada gen yang berpengaruh dalam produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh sel melanosit yang terdapat di mata, kulit, dan rambut.

Mutasi pada gen-gen tersebut menyebabkan produksi melanin berkurang drastis atau bahkan tidak diproduksi sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan munculnya gejala albinisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro