John F. Kennedy./ilustrasi
Relationship

Inisiasi Earthshot Price, Pangeran William Terinspirasi John F Kennedy

Desyinta Nuraini
Senin, 12 Oktober 2020 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penghargaan internasional di bidang lingkungan yang dibuat Pangeran William, The Earthshot Prize, terinspirasi  dari misi terkenal Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy untuk mencapai bulan.

"Saya sudah lama terinspirasi oleh misi Presiden John F Kennedy tahun 1961 untuk menempatkan manusia di bulan dalam waktu satu dekade, dia menamakannya bulan yang panas," ujar Pangeran William yang memberikan TED Talk pertamanya, seperti dikutip dari Insider, Senin (12/10/2020).

Namun, Pangeran William mengatakan bahwa untuk dekade ini dunia membutuhkan Earthshots, bukan Moonshots. Earthshot adalah sebuah kompetisi yang akan memberikan lima hadiah senilai US$1,3 juta setiap tahun selama dekade berikutnya kepada mereka yang dapat menemukan solusi untuk masalah lingkungan.

"Kita harus memanfaatkan semangat kecerdikan dan tujuan manusia yang sama dan mengubahnya dengan fokus tajam dan urgensi pada tantangan paling mendesak yang pernah kita hadapi, memperbaiki planet kita," katanya.

Berbicara di bawah pohon ek berusia 1.000 tahun, Pangeran William mengatakan umat manusia telah menemukan perjalanan udara, vaksin, dan komputer. Setiap bagian dunia telah dijelajah, mengurutkan genom manusia, dan bahkan melewati atmosfer bumi. "Kecepatan inovasi kami luar biasa. Tapi begitu juga dengan percepatan dampak kami," tambahnya.

Oleh karena itu, dengan adanya The Earthshot Prize Duke berharap banyak orang nantinya melindungi dan memulihkan alam, membersihkan udara, menghidupkan kembali lautan, membangun dunia bebas limbah, dan memperbaiki iklim.

"Jika kita mencapai tujuan ini, pada tahun 2030 hidup kita tidak akan lebih buruk, dan kita tidak perlu mengorbankan semua yang kita nikmati. Sebaliknya, cara kita hidup akan menjadi lebih sehat, lebih bersih, lebih pintar, dan lebih baik untuk kita semua," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro