Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenkes Tunjuk Sucofindo Uji dan Kalibrasi Alat Kesehatan

Sucofindo didukung fasilitas lengkap dengan peralatan canggih, serta sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  22:15 WIB
HUT ke-64 Sucofindi diwarnai pengumuman penunjukkan dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas serta peralatan kesehatan. - Istimewa
HUT ke-64 Sucofindi diwarnai pengumuman penunjukkan dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas serta peralatan kesehatan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan menunjuk Sucofindo untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas serta peralatan kesehatan.

Penunjukkan ini diumumkan secara resmi bersamaan dengan Hari Jadi Sucofindo ke-64 tahun.

Penunjukkan tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/I/344/2020 tentang Izin Operasional Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan karena telah memberikan kepercayaan untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas kesehatan. Ini merupakan amanah yang akan kami laksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin.

Menurutnya, dalam menjalankan izin operasi Kementerian Kesehatan, Sucofindo didukung fasilitas lengkap dengan peralatan canggih, serta sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

“Laboratorium Sucofindo siap memberikan pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pengujian produsen, distributor alat-alat kesehatan di seluruh Indonesia,” ujar Bachder.

Sucofindo juga dilengkapi laboratorium alat kesehatan. Laboratorium ini didirikan sebagai bentuk dukungan dalam merespons peraturan yang ada mulai dari Undang-Undang (UU) No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, hingga sejumlah aturan lainnya, seperti:

  • PP No. 72 Tahun 1998 Tentang Pengamanan sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan
  • Permenkes 1190/VIII/2010 tentang izin Edar alat kesehatan dan Peralatan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)
  • Permenkes No. 54 tahun 2015 tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan, serta
  • UU No. 20 tahun 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian

Bachder berharap ke depan Sucofindo dapat terus mendukung Kemenkes.

“Tak hanya berhenti dalam dukungan uji dan kalibrasi fasilitas kesehatan, ke depannya kami siap merespons kebutuhan Kementerian Kesehatan melalui jasa yang kami miliki,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir menyatakan, dengan amanah yang diberikan, Sucofindo sebagai BUMN yang melakukan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan dapat mendukung peran Kemenkes.

Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir/Istimewa

Abdul Kadir menegaskan diperlukan kerja sama dalam melaksanakan program kesehatan sesuai dengan UU No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan, Permenkes No. 54 Tahun 2015 tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan.

Dia meyakini peran Sucofindo dalam pengujian dan kalibrasi fasilitas kesehatan.

“Laboratorium Sucofindo memiliki fasilitas yang lengkap dan SDM yang kompeten, serta dilengkapi operasional alat kesehatan. Kami yakin program ini dapat dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh,” tutur Abdul Kadir.

Saat ini laboratorium di Sucofindo dilengkapi dengan Jasa Pengujian Analisa Lingkungan, Minyak dan Gas, Analisa Kimia Umum, Kalibrasi dan Pengujian Teknik, serta Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan.

Layanan laboratorium Sucofindo kini tersebar di 57 unit di seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sucofindo kemenkes alkes
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top