Anak-anak bermain air./Reuters-Pilar Olivares
Health

Anak-anak Disarankan Tidak Bermain di Luar Rumah Jika Belum Paham 3 M

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pandemi seperti sekarang ini membuat anak-anak tidak bisa bebas bermain di luar rumah. Bahkan proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring guna menekan penyebaran virus Corona.

Psikolog anak dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan, dalam diskusi virtual bertema "Covid-19 dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini" di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (24/10/2020), menyarankan agar anak-anak tidak bertemu secara langsung jika belum terlalu paham mengenai protokol kesehatan dan 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker).

Sani menganjurkan agar anak-anak bertemu secara virtual selama masa pandemi untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Saya lebih menyarankan anak-anak tidak bertemu face to face apabila anaknya belum paham karena kita tidak bisa bilang boleh ketemu tapi tidak boleh dekat, sementara tiba-tiba anak rangkulan. Jadi lebih baik kalau anaknya belum paham lebih baik dengan virtual, batasi saja pertemuan langsung karena kasihan juga. Untuk anak preschool itu susah sekali, kalau siswa Sekolah Dasar mungkin sudah paham tapi kalau preschool itu susah karena ada spontanitas," ujar Sani.

"Anak-anak di masa pandemi ini akan stres karena normalnya dia bermain, keluar, tapi kan sekarang terbatas sekali, oleh karena itu orang tua tidak boleh memutus hubungan mereka dengan teman-temannya, salah satunya dengan virtual mereka tetap berhubungan, jadi bisa kontak langsung dengan teman."

Bagi orang tua yang mempunyai anak masih preschool disarankan untuk lebih kreatif. Pada masa itu, anak sedang butuh eksploratif guna merangsang tumbuh kembang. Jika ingin melarang, pastikan terlebih dahulu ada media pengganti.

"Di dalam preschool memang saatnya anak eksploratif jadi itu merangsang tumbuh kembang anak. Anak yang dibiarkan eksploratif akan tambah pintar tapi pastikan tidak ada yang berbahaya."

"orang tua harus punya rencana untuk anak bereksploratif, jadi orang tua jangan melarang tapi tidak memberikan pengganti media lain karena itu bisa memangkas tumbuh kembang anak dan stimulasi ke anak," tutup Sani.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro