Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Pakai Hand Sanitizer Agar Tak Berefek Buruk pada Wajah

Ladies, meskipun hand sanitizer bisa melawan kuman, tetapi hand sanitizer bisa menimbulkan dampak apabila digunakan sebelum pengaplikasian krim ke wajah. Ariana Suryadewi Soejanto Dokter Pemerhati Kesehatan Kulit Biomedik Kekhususan Anti-Aging mengatakan bahwa jangan menggunakan produk wajah setelah menggunakan hand sanitizer yang masih basah di tangan.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  17:36 WIB
Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.  - ANTARA
Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pada masa pandemi Covid-19, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan sudah menjadi barang yang wajib dimiliki terutama saat ke luar rumah.

Walaupun dokter menganjurkan mencuci tangan dengan sabun dan air jika dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer, tapi karena kepraktisannya membuat barang itu selalu ada.

Ladies, meskipun hand sanitizer bisa melawan kuman, tetapi hand sanitizer bisa menimbulkan dampak apabila digunakan sebelum pengaplikasian krim ke wajah.

Ariana Suryadewi Soejanto Dokter Pemerhati Kesehatan Kulit Biomedik Kekhususan Anti-Aging mengatakan bahwa jangan menggunakan produk wajah setelah menggunakan hand sanitizer yang masih basah di tangan.

“Kandungan untuk hand sanitizer yang aman, biasanya sebagian besar kan alkohol yang sifatnya cepat menguap, jadi bukan yang kemudian akan bereaksi setelah kita biarkan mengering terlebih dahulu. Tapi kalau misalnya tangannya masih basah kena hand sanitizer lalu menyentuh wajah, bisa jadi ada efek tidak baiknya,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (26/10/2020).

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah risiko tangan menjadi kering karena alkohol menghilangkan kelembapan kulit Anda, dan dengan penggunaan yang konsisten dapat menyebabkan kulit kering pecah-pecah.

Untuk mengatasinya, oleskan pelembap setelah menggunakan hand sanitizer untuk menjaga hidrasi di dalam kulit Anda.

Sementara, Andrew Kemp, Kepala Dewan Penasihat Ilmiah di British Institute of Cleaning Science menuturkan bahwa kebersihan tangan sangat penting untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dan mencuci tangan adalah senjata yang ampuh. Namun, dia juga memperingatkan bahwa pembersih yang paling kuat sekalipun tidak menghancurkan seluruh virus dan bakteri yang ada.

“Gel tangan sebaiknya hanya digunakan sebagai tindakan sementara jangka pendek jika sabun dan air tidak tersedia,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawatan wajah hand sanitizer
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top