Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Studi : Anak-anak Punya Antibodi Khusus untuk Lawan Virus Corona

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan di majalah Science mengatakan, kemungkinan anak-anak sudah memiliki antibodi terhadap virus corona lain dan antibodi ini dapat memblokir SARS-CoV2, menyelamatkan anak-anak dari pandemi baru.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 November 2020  |  09:39 WIB
Anak Sakit - boldsky.com
Anak Sakit - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mengapa anak-anak lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi SARS-CoV2?

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan di majalah Science mengatakan, kemungkinan anak-anak sudah memiliki antibodi terhadap virus corona yang dapat menyelamatkan anak-anak dari pandemi baru.

Sekelompok peneliti di Francis Crick Institute di London, dipimpin oleh George Kassiotis, yang mengepalai Laboratorium Imunologi Retroviral di institut tersebut, melaporkan bahwa rata-rata, hanya 5% orang dewasa yang memiliki antibodi ini, dibandingkan dengan 43% anak-anak.

Kira-kira satu dari lima flu yang menginfeksi anak-anak disebabkan oleh virus dari keluarga ini. Antibodi yang dikembangkan selama pilek ini dapat membantu anak-anak melawan SARS-COV2.

Para peneliti menilai sampel darah yang diambil sebelum pandemi dari lebih dari 300 orang dewasa dan 48 anak-anak serta remaja dan membandingkannya dengan sampel dari lebih dari 170 orang yang telah terinfeksi virus corona baru. Studi tersebut menunjukkan banyak anak-anak, dan beberapa orang dewasa, membawa satu antibodi yang secara khusus dapat mencegah virus corona.

Sekarang, para peneliti berencana memperluas penelitian untuk menelitinya lebih jauh. Sejak dimulainya pandemi Covid-19, berbagai penelitian menunjukkan bahwa infeksi tersebut memengaruhi anak-anak dan orang dewasa secara berbeda.

Jumlah anak yang terinfeksi tampaknya jauh lebih rendah daripada orang dewasa, meskipun anak-anak biasanya merupakan kelompok risiko infeksi saluran pernapasan yang serius. Bahkan dalam kasus di mana anak-anak terinfeksi, penyakit ini biasanya tetap ringan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antibodi anak-anak Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top