Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Waktu yang Tepat Memindahkan Anak ke Booster Seat

Booster seat adalah tempat duduk yang membantu anak tetap aman di dalam mobil, yang dilengkapi dengan sabuk pengaman.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 19 November 2020  |  21:00 WIB
Booster Seat digunakan untuk menjaga keselamatan anak. - ilustrasi
Booster Seat digunakan untuk menjaga keselamatan anak. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai orang tua dari balita, setiap kali Anda membuat si kecil duduk di kursi mobilnya, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah ia siap melakukan transisi ke kursi booster. Jika berat dan tinggi badan anak Anda sesuai dengan usianya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membeli kursi booster untuknya.

Dikutip dari Parenting First, Kamis (19/11/2020), Tetapi sebelum Anda melakukan investasi besar, cari tahu apakah si kecil Anda siap untuk itu. Dan jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda kesiapan, Anda perlu mempelajari apakah aman untuk anak-anak berada di kursi yang terikat dalam waktu lama.

Booster seat adalah tempat duduk yang membantu anak tetap aman di dalam mobil. Tidak seperti kursi mobil (menghadap belakang atau depan) yang menggunakan sabuk pengaman lima titik, booster seat menggunakan sabuk pengaman mobil untuk menjaga keamanan anak.

Kursi booster memungkinkan anak duduk di atas kursi dan 'mengangkat' mereka hingga ketinggian di mana sabuk pengaman terletak di atas tulang dan panggul yang kuat dari anak dan menjaganya tetap aman.

Sabuk pengaman dirancang untuk membantu orang dewasa dan kursi booster berfungsi sebagai penyangga tambahan agar sesuai dengan tinggi orang dewasa. Pemindahan ke booster seat bagi anak Anda ibarat persiapan duduk di kursi seperti orang dewasa hingga cukup umur.

Jenis Kursi Booster

Pada dasarnya ada dua jenis kursi booster yang dapat Anda pilih untuk anak Anda, setelah ia mencapai usia yang tepat.

1. Kursi Booster Backless

Kursi ini mudah untuk bermanuver dari satu mobil ke mobil lain. Saat menggunakan backless booster, mobil harus memiliki jok yang memiliki sandaran yang cukup tinggi untuk menopang bagian belakang kepala. Telinga anak harus berada di bawah bagian atas kursi atau sandaran kepala.

2. Kursi Booster Punggung Tinggi

Seperti namanya, high-back booster seat memiliki sandaran tinggi, yang membantu anak duduk tegak. Ini adalah pilihan tepat untuk anak-anak dan dapat membantu memposisikan sabuk pengaman pada anak secara akurat. Kursi booster dengan sandaran tinggi sangat cocok untuk menjaga postur tubuh anak-anak saat mereka tertidur selama perjalanan jauh.

Kapan Anda Harus Memindahkan Anak Anda ke Booster Seat?

Jika Anda berencana untuk pindah ke booster seat, Anda harus mencari tahu apakah ada usia yang tepat untuk melakukan hal yang sama. Usia ideal bagi seorang anak untuk pindah ke booster seat adalah lima tahun. Namun banyak orang tua yang cenderung membeli booster seat lebih awal. Jika Anda sedang mempertimbangkan booster seat untuk balita Anda, ada beberapa pedoman yang dapat Anda rujuk jika

Ini cara kesiapan anak sudah siap untuk booster seat:

1. Anak Anda setidaknya berusia lima tahun dan beratnya setidaknya 40 pon.

2. Anak tersebut cukup dewasa untuk duduk di kursi booster sepanjang perjalanan dengan sabuk pengaman dipasang di bahu dan di bawah pinggul.

3. Persyaratan berat, tinggi, dan tali pengaman internal anak harus sudah melebihi persyaratan dari sabuk pengaman lima titik yang menghadap ke depan atau ke belakang untuk kursi mobil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak kursi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top