Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ricky Yakobi Meninggal Dunia, Ini Analisa Dekan FKUI

Serangan jantung  adalah penyakit yang menyerang pembulu darah koroner. Serangan jantung terjadi saat pembulu darah koroner tersumbat.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 22 November 2020  |  14:53 WIB
Ilustrasi - Pembuluh darah - Istimewa
Ilustrasi - Pembuluh darah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, FKUI, Ari Fahrial Syam menduga bahwa legenda sepak bola nasional Ricky Yakobi meninggal dunia akibat serangan jantung.

Menurut Ari tidak menutup kemungkinan serangan jantung menimpa orang dengan fisik yang sehat.

"Bahkan Ricky Yakobi sempat bermain selama 15 menit kemudian mengalami tersungkur jatuh mungkin karena serangan jantung tersebut akhirnya tidak tertolong," kata Ari dalam sebuah video, Minggu (22/11/2020).

Dia mengatakan serangan jantung  adalah penyakit yang menyerang pembulu darah koroner. Serangan jantung terjadi saat pembulu darah koroner tersumbat.

"Pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang memperdarahi jantung, apabila ada sumbatan total tentu jantung tidak mendapat darah sehingga jantung tidak bisa bekerja normal," katanya.

Dia melanjutkan, ketika jantung tidak bekerja seluruh oksigen di dalam darah tidak bisa diteruskan ke seluruh tubuh. Hal ini kemudian, menimbulkan rasa nyeri tiba-tiba dan kemudian penderita langsung kolaps karena aliran darah ke otak terganggu.

Ari juga menjabarkan bahwa penyakit jantung ada yang tidak bisa dicegah bilamana menyangkut faktor keturunan hingga usia.

Namun, menurut dia serangan jantuh masih tetap bisa dicegah dengan rutin melakukan medical check up, menjaga pola makan, olahraga teratur, dan pengendalian stres.

Lebih lanjut, dia mengingatkan ada kelompok usia tertentu yang perlu pendampingan khusus saat melakukan olahraga keras seperti halnya sepak bola.

"Kita harus mengetahui pada kelompok umur tertentu olah raga keras harus dihindari. Kalau dia punya masalah di pembuluh darah jantung koroner bisa saja terjadi lepasnya pembekuan darah yang menyebabkan sumbatan," kata Ari Fahrial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

serangan jantung Pembuluh Darah
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top