Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Biotec Ajukan Izin Edar Vaksin Covid-19

Mutiara Nabila
Rabu, 25 November 2020 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan pengembang vaksin ternama di China mulai melakukan pengajuan izin memasarkan vaksin Covid-19, mengingat perusahaan Pfizer sebelumnya sudah dapat izin.

Perusahaan China National Biotec Group Co (CNBG), anak usaha Sinopharm, telah mengajukan izin edar kepada Otoritas China pada Rabu (25/11/2020). Adapun, dokumen yang diajukan antara lain data interim uji klinis fase III dari uji vaksin pada manusia yang sudah dilakukan di Timur Tengah dan Afrika Selatan.

Dengan pengajuan tersebut, CNBG akan menjadi perusahan pengembang vaksin pertama di luar Rusia yang membuat vaksin buatannya bisa digunakan secara luas oleh publik dan menegaskan tekad China untuk menjadi pemasok vaksin utama di China dan dunia.

Perusahaan obat dari Barat seperti Pfizer Inc. dan AstraZeneca Plc saat ini juga masih mencari perizinan penggunaan darurat untuk vaksin buatannya. Status tersebut sudah diberikan kepada pengembang vaksin China dari sebulan lalu.

Namun, tak seperti perusahaan Barat, CNBG belum merilis data efikasi vaksinnya kepada publik untuk uji klnis fase III. Hal itu membuatnya lebih sulit tembus ke pasar dibandingkan dengan kandidat vaksin lainnya.

Regulator saat ini masih melakukan peninjauan data dari CNBG untuk hasil uji klinis fase I, II, dan data interim fase III, yang disebut Direktur CNBG Yang Xiaoming baru dimulai pekan lalu. Adapun, saat ini regulator obat-obatan China, National Medical Products Administration, belum memberikan respons.

Percepatan pengadaan vaksin menjadi sangat penting karena negara-negara ingin membuka kembali perekonomian mereka sambil membendung pandemi yang telah menginfeksi lebih dari 59 juta orang.

Vaksinasi dipandang sebagai harapan terbaik karena sejumlah megara kembali mengalami gelombang baru infeksi yang memaksa mereka untuk memberlakukan lockdown lagi dan pembatasan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro