Ilustrasi/Privatelabelsk
Fashion

Girls, Jangan Buang Sampah Skincare Sembarangan, Ini Solusinya!

Rika Anggraeni
Kamis, 26 November 2020 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Produksi kecantikan hingga perawatan diri atau skincare mulai menjamur di masyarakat. Hal ini membuat produsen harus terus mengeluarkan produk-produk baru.

Walaupun terdapat manfaat bagi perawatan kulit dan wajah, namun kemasan skincare juga banyak yang terkemas dari plastik dan kaca. Kemasan ini terbilang cukup sulit untuk didaur ulang.

Untuk meminimalisir sampah dari produk skincare, maka konsumen juga harus bijak dan bertanggung jawab setelah menggunakan produk. Simak cara mengolah sampah skincare:

1. Jual kembali produk yang tidak cocok

Pilihan pertama ini bisa menjadi pilihan utama kamu yang tidak cocok dengan suatu produk. Kamu bisa menjual barang tersebut (preloved), karena cara ini paling banyak diminati sebagai sumber penghasilan.

Kamu tidak perlu merasa rugi karena sudah membeli produk tersebut karena kamu bisa menjualnya kembali. Kamu hanya perlu membagikan foto produk tersebut ke platform media sosial dengan caption yang menarik.

2. Kembalikan ke brand store

Saat ini sudah banyak brand kecantikan yang memiliki program daur ulang. Terlebih lagi, program ini juga dilengkapi dengan sistem pemberian hadiah (reward) bagi konsumen yang mengikutinya.

Beberapa brand tersebut di antaranya The Body Shop, Kiehls, Innisfree, dan Sensatia Botanicals. Mereka sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari pencemaran limbah.

3. Sumbangkan ke tempat penampungan yang tepat

Sebelum kamu ingin menyumbangkan sampah skincare ke tempat tertentu, pastikan kamu membuangnya dengan bertanggung jawab. Artinya, terlebih dahulu kamu menyortir sampah tersebut. Mulai dari membersihkan bagian dalam botol hingga melepaskan label kemasan produk. Apabila sampah sudah bersih, kamu bisa menyumbangkannya ke tempat penampungan.

Salah satu tempat penampungan sampah, yaitu Waste4Change. Pihaknya membuka diri untuk mengolah sampah secara bertanggung jawab sejak tahun 2014. Sejauh ini, Waste4Change sudah mengelola sampah hingga 5.404.041 kilogram.

Gimana, Sobat Bisnis tertarik untuk mengelola sampah dengan bijak? Yuk, selamatkan bumi untuk meminimalisir sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro