Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Ciri-ciri Orang Narsistik

Orang narsistik selalu mengumbar segala kebaikan yang dilakukan dan menunjukkan kehebatan keluarganya, sambil memandang rendah orang lain.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 26 November 2020  |  12:45 WIB
Marah - boldsky.com
Marah - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan narsistik bakal selalu memanfaatkan anak untuk pesangannya dan menganggap mereka selalu lebih baik.

Mengutip dari Parenting Firstcry, Kamis (26/11/2020), jika mantan Anda mengidap Narcissistic Personality Disorder (NPD), maka ada beberapa indikator perilaku. Berikut ciri pasangan narsistik:

1. Selalu merasa istimewa

Orang narsisis selalu memproyeksikan citra diri mereka sendiri sebagai orang yang lebih baik dari orang lain. Kisah yang mereka ceritakan diakhiri dengan bagaimana mereka muncul sebagai pahlawan.

Mereka juga akan memberi tahu orang-orang tentang betapa menakjubkannya keluarga mereka. Meskipun itu bisa membuat mereka tampak seperti orang tua yang hebat, mereka benar-benar menempatkan diri mereka di atas tumpuan sebagai landasan keluarga yang luar biasa.

2. Kurang empati

Pada awalnya, Anda terkesima oleh pesonanya, tetapi segera Anda menyadari bahwa mereka tidak benar-benar membawa Anda ke level yang dalam. Anda akan melihat betapa tidak akuratnya mereka dalam memahami maksud dan motivasi orang lain dan bahkan teman dekat.

3. Sulit bersantai

Orang-orang narsistik biasanya terlihat tidak dewasa dan cenderung berperilaku seperti remaja, bahkan saat berusia paruh baya. Mereka sangat memperhatikan penampilan mereka dan sulit bersantai.

4. Superprioritas

Orang narsisis percaya bahwa mereka tidak tersentuh oleh hukum dan memiliki rasa superioritas. Mereka juga sering memperlakukan orang sesuai kasta sosial.

Selain itu, jika orang narsistik menipu Anda maka mereka yakin bahwa selalu ada kata maaf bagi mereka.

5. Cenderung melakukan perlawanan

Jika seorang psikolog mendiagnosis orang narsistik, maka mereka mungkin menolak untuk menerima bahwa mereka narsistik karena mereka mengenal diri mereka lebih baik daripada psikolog.

Karena itu, konseling jarang berhasil pada orang narsisis. Mereka juga akan meremehkan atasan mereka atau siapa pun yang tidak mereka setujui di depan orang lain.

6. Selalu iri

Hati mereka penuh dengan rasa iri pada siapapun yang lebih baik dari mereka. Jika mantan kekasih Anda terus-menerus merendahkan Anda dan merasa tidak mungkin untuk mendukung kesuksesan Anda, itu adalah tanda narsisme yang jelas. Mereka memandang siapa pun yang melakukannya dengan lebih baik sebagai ancaman.

Mantan narsistik Anda tidak menghargai batasan Anda. Mereka merasa berhak atas apa yang mereka inginkan dan akan menggunakan siapa saja untuk mendapatkannya. Mereka tidak peduli dengan barang, privasi, atau bahkan perasaan Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

narsis tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top