Narcissistic personality disorder (NPD)/
Health

Cara Mengatasi Narcissist Personality Disorder (NPD)

Redaksi
Rabu, 3 April 2024 - 16:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin sebagian dari Anda pernah bertemu dengan salah satu orang yang memiliki masalah pada kepribadian. Masalah tersebut berasal dari dalam diri seseorang, dan terjadi secara sadar.

Fenomena masalah kepribadian yang terjadi saat ini, dan menjadi bahan perbincangan di kalangan gen Z adalah Narcissist Personality Disorder (NPD). NPD merupakan salah satu kondisi kesehatan mental yang memiliki masalah terhadap sikap narsis dan berlebihan.

Orang yang dikategorikan NPD tidak memiliki diagnosa resmi dari pihak terkait, tetapi diketahui dan dirasakan oleh banyak orang. Sikap narsis ini dilakukan secara sadar oleh pelaku, tetapi tidak memahami atas perilaku yang diperbuat.

Hal ini yang membuat orang tidak nyaman atas perilaku tersebut dan membutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi orang yang memiliki riwayat NPD. 

Dilansir dari healthline.com, cara mengatasi NPD:

1. Berbicara untuk diri sendiri

Orang yang memiliki riwayat NPD bertindak atas dasar tuntutan yang berasal dari lingkungan sekitar berupa teman, kerabat, maupun keluarga. Hal ini yang membuat orang tersebut, hidup berdasarkan standar orang lain sehingga tidak mengutamakan diri sendiri.

Maka dari itu, yang perlu dilakukan adalah menerapkan perilaku untuk berbicara dan bertindak atas kemauan serta kemampuan diri sendiri. Tidak perlu mengikuti standar orang lain dan mulailah hidup dengan rasa percaya diri yang tidak berlebihan.

2. Membuat batasan

Membuat batasan terkait dengan perilaku, tindakan, dan orang lain. Batasan ini yang membuat orang yang memiliki NPD, merasa cukup dan tidak bergantung kepada orang lain.

Membuat batasan juga memiliki dampak yang baik untuk menentukan fokus hidup seseorang tanpa pengaruh orang lain. 

3. Membiasakan diri untuk terlihat tenang

Orang yang memiliki riwayat NPD cenderung terburu-buru untuk mendapatkan validasi dari banyak orang. Memanfaatkan situasi dengan cara bersikap narsis, dan ingin dipandang lebih dimata masyarakat.

Terkait hal tersebut, sebaiknya menerapkan segala hal dalam kehidupan dengan cara yang tenang dan terstruktur. Anda dapat mengatasi hal tersebut bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Bersikap secara tenang dan mengamati lingkungan sekitar, lalu menerapkan pola kehidupan dengan cara yang baik dan benar.

4. Mencari support system

Support system merupakan orang yang membantu, memahami dan selalu mengerti perasaan orang lain. Support system tidak hanya berupa pacar, melainkan teman, saudara, maupun keluarga.

Hadirnya support system akan membantu seseorang dalam menjalankan suatu kehidupan, sekaligus menjadi pengingat dan mengontrol suatu hal yang dilakukan secara berlebihan.

5. Memahami bahwa NPD membutuhkan bantuan psikologis

Orang yang memiliki riwayat NPD membutuhkan bantuan psikologis untuk menyadarkan dan mengontrol sikap tersebut. Hal ini berkaitan dengan kesehatan mental dan kepribadian orang tersebut. Manfaatkan peran psikolog yang ada, untuk memulihkan situasi dan mengendalikan sikap narsis tersebut.

6. Kenali kapan membutuhkan bantuan

Membutuhkan bantuan merupakan suatu hal yang normal. Ketika Anda berada di situasi yang sulit, maka segeralah meminta bantuan kepada orang terdekat. 

Orang yang memiliki riwayat NPD cenderung cuek dan bersikap seakan-akan tidak membutuhkan bantuan. Hal ini dilakukan untuk mengusung dirinya menjadi orang yang tangguh dan keras. Sikap inilah yang membuat banyak orang merasa risih dan tidak respect dengan orang tersebut.

7. Membangun harga diri

Harga diri adalah rasa yang dibangun, dibentuk, dan dijaga terkait martabat dan kemampuan diri. Peran dari harga tersebut yang akan membuat orang lain, menghargai perilaku Anda. 

Membangun harga diri dilakukan dengan cara yang tepat seperti meningkatkan kualitas diri, serta bertindak secara tepat dan tidak berlebihan. Jika hal tersebut diterapkan, harga diri Anda dapat terjaga dan orang lain akan menghargai secara penuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro