RSPAD Gatot Soebroto melakukan uji terapi plasma darah untuk pasien Covid-19. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Health

Simak Senam Pernafasan Saat Isolasi Mandiri Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Senin, 7 Desember 2020 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sesak napas bisa saja muncul saat isolasi mandiri virus corona (Covid-19). Kondisi tersebut bisa diredakan dengan beberapa gerakan yang disebut senam pernapasan.

Dikutip dari video National Hospital, Senin (7/12/2020), senam pernafasan berguna untuk mengatasi rasa sesak saat isolasi mandiri di rumah, lakukan latihan ini 2 kali sehari, disarankan latihan ini dilakukan dengan posisi duduk atau dalam posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Berikut beberapa gerakannya:

1. Deep breathing

Tarik nafas dalam melalui hidung, tahan 2 detik kemudian hembuskan lewat mulut dan diulang hingga 5 kali. Cara ini sangat efektif untuk orang dengan gangguan nafas

2. Chest expansion

Letakkan kedua tangan pada dada bagian samping lalu tarik nafas panjang. Saat buang nafas, tekan perlahan dada mengikuti gerakan nafas ulangi 4-5 kali.

3. Batuk efektif

Lakukan tarik nafas dalam lalu hembuskan. Tarik nafas kembali dan batukkan sebanyak 2 kali

4. Pursed lips breathing

Siapkan tissue, lakukan tarik nafas dalam dan hembuskan seperti meniup lilin, diulangi sebanyak 4-5 kali

5. AROM Exercise ringan

Gerakkan seluruh anggota tubuh dimulai dari kepala, tangan dan kaki diikuti dengan nafas ringan dan diulang 8-10 kali

6. Jalan sekitar bed

Lakukan kegiatan ringan seperti berjalan sekitar tempat tidur sesuai dengan tingkat kebugaran Anda. Lakukan sebanyak 5-10 kali

7. Miring kanan dan kiri

Lakukan perubahan posisi tidur setiap 2 jam sekali dengan miring kanan, terlentang dan miring kiri. Ulangi sebanyak 1 kali per 2 jam.

Dan yang perlu dipelajari sebelum dan saat melakukan isolasi mandiri adalah belajar cara mencuci tangan dan menggunakan masker yang baik dan benar. Selama isolasi mandiri kita memiliki hak untuk dipantau oleh dinas dan fasilitas kesehatan terdekat serta melakukan isolasi di fasilitas khusus bila tidak mampu memenuhi kriteria atau melaksanakan isolasi mandiri.

Tidak hanya hak, pasien juga memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan pada saat isolasi mandiri, yakni proaktif berkomunikasi dengan petugas kesehatan, melengkapi data kasus dan melakukan isolasi mandiri sebaik-baiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro