Orangtua sedang memarahi anak. Selama pandemi virus corona, tingkat stres dan kemarahan orang dewasa meningkat dan ini berdampak buruk bagi anak-anak./ilustrasi
Health

Ini Tips Agar Anak Tidak Meniru Kata Makian

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 8 Desember 2020 - 08:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kata-kata sumpah serapah pada anak-anak adalah fenomena normal yang dialami setiap remaja. Anak-anak Anda dengan mudah memahami kata-kata dan tindakan dari orang tua di sekitar mereka atau teman-temannya. Mendengar kata makian anak Anda bisa menjadi pengalaman yang mengejutkan. Namun, melalui cara dan teknik yang efektif, sumpah serapah dapat dikendalikan.

Dikutip dari Pinkvilla, Selasa (8/12/2020), Anak-anak Anda harus menggunakan bahasa yang tepat dan memiliki keterampilan untuk berkomunikasi dengan nada formal saat berbicara dengan orang lain.

Beberapa anak mungkin mengeluarkan kata makian dengan tujuan agar terdengar keren sementara yang lain mungkin melakukannya secara tidak sengaja tanpa mengetahui artinya.

Berikut 4 cara efektif untuk mendisiplinkan anak agar tidak mengumpat.

1. Ubah umpatan atau kata makian di depan anak-anak

Berikan contoh yang tepat untuk anak Anda, pastikan Anda mengetahui bahasa yang Anda bagi di depan anak Anda. Ubah kata-kata Anda dan pilih kata-kata Anda dengan hati-hati saat berbicara di depan anak-anak Anda.

2. Buat aturan ketat terhadap sumpah serapah

Buat aturan ketat di rumah dan tentukan konsekuensi tertentu dari sumpah serapah. Beri mereka peringatan dan pastikan anak-anak Anda mengikuti peraturannya.

3. Berikan alternatif yang sesuai

Ajari mereka tentang arti di balik istilah-istilah ini dan berikan mereka alternatif yang sesuai.

4. Batasi keterpaparan mereka

Terkadang anak-anak meniru kata-kata umpatan dengan menonton acara televisi yang tidak disensor. Batasi konsumsi anak Anda atas acara, film, atau video musik yang memiliki konten eksplisit apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro