Move on atau melupakan mantan kekasih adalah cara terbaik untuk menyambut dan menjalani hidup lebih baik/Dumblittleman
Relationship

Ternyata Ini Pentingnya Move On Dari Mantan

Desyinta Nuraini
Jumat, 18 Desember 2020 - 08:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Move on dari mantan pasangan tidaklah mudah, terutama di era media sosial seperti saat ini. Tak sedikit pastinya arsip foto dengan dia ada di Facebook dan Instagram, yang bisa membuat Anda gagal move on.

Itulah sebabnya Amy Chan, kolumnis nasihat hubungan selama lebih dari satu dekade dan penulis "Breakup Bootcamp: The Science of Rewiring Your Heart," berpendapat bahwa menghapus mantan Anda dari semua media sosial merupakan ide yang bagus.

"Seratus persen, detoksifikasi dari mantanmu," ujar Chan seperti dilansir dari Insider, Jumat (18/12/2020).

Chan yang menjalani hubungan selama 8 tahun, tetapi akhirnya putus karena diselingkuhi itu mengatakan detoksifikasi dari mantan tidak berarti Anda membenci orang itu atau berakhir dengan hubungan yang buruk.

"Itu juga tidak berarti Anda tidak bisa berteman lagi di masa depan, tetapi Anda memang membutuhkan periode waktu untuk pikiran, tubuh, hati, dan jiwa Anda, untuk transisi dari hubungan yang intim atau romantis ke hubungan lain," jelasnya.

Bahkan kata Chan, jika Anda tidak memiliki niat buruk terhadap kekasih masa lalu, menghapus fotonya dari media sosial maupun pikiran Anda adalah cara terbaik untuk melatih otak Anda untuk maju.

Menurut blog 2015 dari jurnal Nature, saat Anda menjalin hubungan dengan teman, kekasih, atau orang lain, otak Anda membentuk jalur saraf yang terkait dengan kenangan yang Anda miliki dengan orang itu. Ketika mereka absen dari hidup Anda karena putus, otak menciptakan respons perpisahan yang menimbulkan sakit hati, kesedihan, dan kesedihan.

Chan meneliti studi penelitian, mengobrol dengan psikolog, dan menganalisis hasil ratusan peserta dari retret bootcamp perpisahannya. Dengan melakukan itu, dia menyimpulkan gambar, video, dan pengingat lain tentang orang itu dapat muncul di media sosial dan mengingatkan otak Anda tentang kehilangan dan membuatnya lebih sulit untuk "memangkas" jalur saraf yang Anda bangun selama berbulan-bulan atau tahun Anda bersama.

Tetapi menghapus pengingat mantan Anda dengan menghapus foto bersama-sama dari ponsel dan profil, serta memblokirnya di akun media sosial mana pun, dapat mengistirahatkan otak Anda sehingga membangun jalur saraf baru, pada dasarnya mengubah dirinya sendiri untuk membantu Anda sembuh dari perpisahan.

Chan menyarankan memberi diri Anda setidaknya 30 hari untuk detoksifikasi dari melihat mantan di media sosial, tetapi mengatakan 60 hari itu ideal.

Jika Anda khawatir bagaimana mantan bereaksi saat mengetahui Anda telah memblokirnya, Chan merekomendasikan untuk memberi tahu mereka rencana Anda sebelumnya.

Dia menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti, "Hei, ini bukan karena aku tidak peduli padamu atau aku punya perasaan buruk padamu, tapi aku butuh waktu ini untuk menyembuhkan, menjaga diriku sendiri, dan fokus pada perawatan diriku. Karena 60 hari ke depan, saya akan menghapus Anda dari media sosial dan tidak memiliki kontak apa pun. Harap hormati keinginan saya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro