You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness'
Fashion

Sambut Tahun Baru 2021 dengan Self Awareness dan Ikigai

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 31 Desember 2020 - 16:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Fellexandro Ruby menerbitkan buku berjudul ‘You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness’ oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama bersama Pear Press resmi merilis buku karya Fellexandro Ruby berjudul You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness.

Melalui buku ini, Ruby membagikan apa saja yang ia dapatkan mengenai self-awareness dan ikigai dari pengalaman berkariernya selama lebih dari 10 tahun, untuk membantu banyak orang merefleksi diri, melihat ke dalam, serta mengurai situasi, supaya bisa menemukan sendiri jawaban, saat bertemu dengan persimpangan dalam hidup mereka.

Ruby menjelaskan, seringkali kita mengalami decision paralysis dalam mengambil keputusan hidup, karena lebih sering kita melihat keluar, mengintip kiri-kanan, menyontek rumput tetangga.

“Padahal jawabannya bukan di sana, tapi ada di dalam lo,” tulis Ruby dalam pengantar buku You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness.

Dia menjelaskan, ketika seseorang memahami dirinya sendiri, maka dia akan menjadi semakin sadar. Oleh sebab itu, pilihan yang diambil tidak harus sama dengan tetangga.

“Meniru, membandingkan, hingga perasaan iri yang tumbuh rasanya semakin tidak ada gunanya. Siapa gue dan apa yang gue mau itu berbeda dengan teman-teman gue,” sambung Ruby.

Dalam buku tersebut Ruby menceritakan bahwa dalam satu dekade pertama dalam perjalanan karier Ruby dihabiskan untuk bereksperimen dengan sembilan macam role yang berbeda. Mulai dari sales, petugas lelang, operator alat berat, travel blogger, food photographer, penyanyi, social media manager, product manager di sebuah tech startup, sampai pengusaha pernah ia jalani.

Ruby kemudian menemukan ikigai-nya untuk #belajarberkaryaberbagi melalui platform edukasi Negeri Pembelajar, dan konsultan HR Impact Factory. Ruby juga aktif berbagi tentang keuangan, karier, dan bisnis di Instagram serta podcast-nya, dengan topik yang diangkat mencakup pengembangan diri, seperti pergalauan karier, tips investasi, dan masih banyak lagi.

Dia pun menegaskan, Ikigai bukan hanya soal apa yang mau dilakukan dalam hidup, tetapi juga soal bagaimana seseorang memutuskan mau menjadi siapa, menjadi manusia yang seperti apa.

“Kalau dimaknai seperti ini, ikigai tidak harus menjadi sebuah konsep yang kompleks layaknya sebuah purpose atau tujuan hidup. Ikigai buat orang Jepang bisa berupa kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam keseharian yang dalam jangka panjang akan membuat hidup lebih bermakna,” tutur Ruby.

Buku You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness telah tersedia di toko buku sejak 23 Desember lalu. Kehadiran buku ini sangat tepat di penghujung tahun dan mengawali hari ini. Tidak hanya karier dan pekerjaan, buku ini juga dapat menjadi panduan untuk menyelaraskan siapa diri Anda, apa yang Anda kuasai, dan apa yang dibutuhkan, serta pengalaman untuk melesat lebih jauh lagi dalam hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro